Kamu Tidak Perlu Segera Menikah Hanya Karena Sudah Pacaran Lama Dengan 5 Alasan Ini

Saat kamu sudah menjalin hubungan cukup lama dengan pasanganmu, pertanyaan kapan nikah akan muncul setiap hari setiap saat sampai kamu merasa jenuh menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Dan bisa jadi karena hal itu juga membuatmu ingin segera mengajak pasangan untuk segera menikah.

Kalau alasanmu menikah hanya untuk menjawab semua pertanyaan dari lingkunganmu, lebih baik kamu pikirkan lagi rencanamu untuk segera menikah. Karena hal itu sama saja kamu menikah untuk memenuhi harapan orang lain saja, bukannya harapanmu sendiri. Kamu hanya akan membahagiakan orang lain, bukannya membahagiakan dirimu sendiri.

Padahal harusnya kamu menjadikan kebahagiaanmu adalah prioritas dalam hidupmu, bukannya malah memikirkan omongan orang lain tapi yang terpenting adalah kenyamananmu sendiri.

Karena sejak awal hubungan kalian sudah sepakat untuk menjalani hubungan seperti apa dengan pasangan, kalianlah yang paling tahu kapan kalian siap untuk menikah dengan pasangan. Yang terpenting adalah kalian harus tetap bisa menjaga komitmen awal hubungan kalian.

Tidak perlu terlalu memikirkan omongan orang lain yang memaksamu untuk segera menikahi pasangan. Kalau memang belum waktu yang tepat dan kalian belum yakin tidak perlu memaksakan diri. Kamu bisa gunakan 5 alasan ini untuk memberikan alasan pada orang-orang yang memaksamu untuk segera menikah itu:

1. Kalian yang menjalani hubungan jadi kalianlah yang paling tahu apa yang terbaik untuk hubungan kalian

Kamu tidak perlu mendengarkan nyinyiran orang lain yang memaksa dan memintamu untuk segera menikah. Mereka tidak tahu apa yang terjadi dalam hubungan kalian karena bukan mereka yang menjalani hubungan. Kalian yang menjalanilah yang paling tahu apa yang terbaik untuk hubungan kalian.

Kalian pasti juga sudah punya perencanaan untuk menikah, tapi kalian memang menunggu waktu yang tepat saja untuk mewujudkan impian dan harapan kalian bersama.

Atau mungkin saja masih ada harapan dan impian pribadi kalian yang ingin kalian wujudkan dulu sebelum menikah. Dan kalian memberikan toleransi pada pasangan untuk mewujudkan keinginan pribadinya dulu sebelum menikah.

2. Belum ingin menikah dalam waktu dekat bukan berarti kalian tidak punya perencanaan masa depan bersama

Katakan pada mereka yang memaksamu untuk segera menikah bahwa untuk saat ini kalian memang belum punya niat untuk menikah, tapi bukan berarti kalian tidak punya perencanaan untuk hidup bersama di masa depan.

Justru karena kalian ingin yang terbaik untuk masa depan kalian, kalian sedang berjuang sama-sama untuk mempersiapkan semua yang terbaik untuk kehidupan masa depan kalian berdua.

Kalian yang paling tahu apa yang kalian inginkan dan kapan kalian mewujudkan keinginan kalian bersama. Sehingga omongan orang lain tidak berpengaruh apapun pada hubungan kalian karena kalian sudah tahu pasti kapan kalian akan siap untuk menikah dengan perencanaan yang sudah kalian buat.

 3. Karena sejak awal kalian sudah punya kesepakatan hubungan seperti apa yang ingin kalian jalani, kalian tidak akan memaksakan diri menikah kalau memang belum waktunya

Kalian sudah punya kesepakatan di awal kalian menjalin hubungan, akan dibawa kemana hubungan kalian dan hubungan seperti apa yang sedang kalian jalani.

Itulah kenapa kamu tidak perlu minta buru-buru menikah karena pasangan juga sudah memberikan kepastian kapan dia siap untuk menikah.

Kamu bisa mengatakan pada orang-orang yang meminta mu untuk segera menikah bahwa kalian sudah memikirkan waktu yang tepat untuk pernikahan kalian, tapi waktu yang tepat itu bukan sekarang dan tidak juga dalam waktu yang dekat. Kalianlah yang paling tahu kapan waktu yang paling tepat itu berdasarkan kesepakatan awal hubungan kalian.

4. Kalian belum menemukan tujuan menikah yang tepat untuk segera menikah dalam waktu dekat

Alasan lain kenapa kamu tidak perlu buru-buru menikah adalah karena kalian belum menemukan tujuan menikah yang tepat. Kalian masih sibuk dengan karir dan impian kalian.

Dan masih banyak hal yang ingin kalian wujudkan sebelum pernikahan membatasi ruang gerak kalian untuk mencapai impian dan harapanmu.

Kamu bisa bilang pada orang-orang yang nyinyir selalu menanyakanmu kapan nikah dengan bilang kalau kalian sedang ingin menikmati kebebasan yang tidak akan lagi kalian dapatkan saat sudah menikah nanti. Kalian sedang semangat-semangatnya mewujudkan semua impian dan harapan kalian.

Kamu dan pasangan juga sudah punya janji untuk selalu mendukung dan memotivasi pasangan mencapai setiap impian dan harapannya. Sampai pada posisi tertentu kalian memang harus kembali lagi pada pasangan kalian.

 5. Kalian sudah punya perencanaan hidup bersama dimasa depan, tapi kalian masih butuh waktu agar saat memang sudah saatnya menikah, kalian sudah sama-sama punya kehidupan yang mapan

Kalian memang sudah lama berhubungan, tapi masih ada yang ingin kalian wujudkan dan bahagiakan sebelum kalian punya kehidupan yang mandiri bersama pasangan.

Kalian ingin membahagiakan keluarga kalian dulu, kalian ingin membuat bangga dan membantu orang tua kalian dulu.

Atau bisa jadi karena kalian memang sudah punya kesepakatan untuk tidak buru-buru menikah sebelum kalian bisa mencapai semua keinginan kalian. Misalnya saja kalian sudah punya kesepakatan menikah setelah kalian sudah sama-sama punya kemapanan mental dan finansial.

Atau kalian sepakat untuk menunda menikah sebelum kalian sudah bisa membelikan rumah atau mobil untuk orang tua kalian atau setidaknya membantu meringankan beban orang tua kalian. Jadi, tidak ada salahnya kok menunda pernikahan.

Tidak perlu memaksakan diri untuk segera menikah kalau memang kalian belum siap hanya karena tuntutan dari lingkungan kalian.

Matangkan semua persiapkan dan kokohkan hubungan kalian. Karena banyaknya perceraian yang terjadi selama ini bukan hanya karena masalah ekonomi tapi karena memang sejak awal kalian tidak punya fondasi hubungan yang kokoh.

Kalau dari pacaran saja kalian tidak bisa menyelesaikan konflik dan permasalahan yang ringan, apalagi nanti saat berumahtangga. Dijamin rumah tangga kalian tidak akan bisa bertahan.

Jadi jangan lagi memaksakan diri untuk segera menikah demi memuaskan lingkunganmu. Karena kalian yang menjalani hubungan kalian, kalian lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk hubungan kalian.

Dan pastinya kalian juga yang paling tahu kapan waktu yang tepat untuk menikah sesuai dengan kesiapan dan keyakinan diri kalian pada pasangan.

Kebahagiaanmu adalah tanggungjawabmu sendiri, jadi kamu lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri.

Kamu tidak akan memaksakan dirimu untuk menuruti dan memuaskan keinginan orang lain yang memintamu untuk segera menikah kalau kamu memang merasa belum siap dan pasangan juga bisa menerima dengan ketidaksiapanmu sekarang.

Anggap saja waktu yang kalian miliki sekarang untuk mempersiapkan finansial dan mental kalian agar lebih matang dan siap untuk menjalani hubungan rumah tangga.

Bahagiakan diri kalian sendiri-sendiri, nikmati kebebasan yang pasti akan kalian rindukan nanti saat sudah berumah tangga dan puaskan diri kalian sendiri mencapai semua impian dan harapan kalian.