4 Kesalahan Yang Menyebabkanmu Masih Belum Juga Move On

Move on bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena pasti sampai kapanpun kamu tidak akan pernah bisa melupakan kenangan tentang mantanmu, yang bisa kamu lakukan hanyalah merelakan semua kenangannya berakhir dan mencoba meneruskan kehidupanmu. Setiap orang pasti juga punya kecepatan move on yang berbeda.

Kecepatan move on mu tidak dipengaruhi oleh lama tidaknya kamu menjalin hubungan. Kalau kamu menjalin hubungan dengannya 2 tahun berarti kamu butuh waktu 2 tahun untuk move on juga.

Bukan seperti itu, kecepatan move on mu tergantung pada usaha yang kamu lakukan saat kamu dalam proses move on.

Kebanyakan orang pasti mengalami kesulitan saat harus move on, hanya orang-orang yang diberkati kemampuan tertentulah yang bisa move on dengan cepat dan mudah. Lalu bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk orang yang sulit atau mudah move on? Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk move on?

Setidaknya kamu harus melewati 6 fase move on ini sebelum memastikan kalau kamu memang sudah move on. Karena untuk memulai hubungan baru, kamu harus benar-benar sudah bisa move on agar tidak timbul permasalahan dalam hubunganmu hanya karena kamu masih belum bisa merelakan mantanmu.

Sebuah jurnal penelitian yang pernah diterbitkan oleh Journal of Positive Psycholohy menyatakan bahwa waktu normal yang dibutuhkan seseorang untuk menerima kenyataan bahwa hubungannya sudah berakhir adalah 11 minggu, sekitar 6 bulan.

Karena selama waktu itu kamu sudah melewati kegalauan dan penderitaan dan mulai sadar untuk kembali ke kehidupan normal dan kebiasaanmu.

Tapi kalau sampai kamu melewati waktu 6 bulan untuk move on itu, bisa jadi karena kamu melakukan 4 kesalahan yang membuatmu belum move on sampai sekarang ini:

1. Kamu menganggap bahwa berakhirnya hubunganmu adalah sebuah kegagalan

Kamu masih belum bisa move on karena kamu masih beranggapan bahwa berakhirnya hubunganmu sekarang adalah sebuah kegagalan dan kamu lah penyebabnya.

Kamu menyalahkan dirimu sendiri. Dan inilah yang membuatmu takut untuk membuka diri memulai hubungan baru karena kamu takut nanti hasilnya pasti sama saja.

Kamu takut gagal untuk memulai hubungan baru karena kamu tidak bisa memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan di hubungan masa lalumu. Itulah kenapa saat hubunganmu berakhir, jangan jadikan ini sebagai hambatan untuk memulai hubungan baru, tapi jadikan ini sebagai pelajaran dan pengalaman agar kamu tidak lagi melakukan kesalahan yang sama agar hubunganmu juga tidak berakhir sama.

Yang perlu kamu sadari bahwa semakin banyak kegagalan hubungan yang kamu alami, semakin banyak pelajaran dan pengalaman yang kamu dapatkan. Tapi kalau kamu tidak pandai memperbaiki kesalahanmu, kamu akan terus melakukan kesalahan dan mendapatkan kegagalan yang sama.

2. Kamu masih dendam, benci dan marah pada mantan

Bagaimana mungkin kamu bisa melupakan dan move on dari mantan kalau kamu masih saja dendam, benci dan marah pada mantan. Emosi-emosi negatifmu pada mantan itu membuatmu selalu mengingat-ingat keburukannya. Bahkan kamu punya niat untuk balas dendam padaya.

Dendam, benci dan amarahmu pada pasangan ini terjadi karena kamu belum bisa memaafkan dirimu sendiri dan berdamai dengan keadaanmu sekarang.

Kesulitanmu memaafkan dirimu sendiri inilah yang membuatmu lebih sulit lagi untuk memaafkan mantanmu.

Karena kesulitanmu memaafkan mantan inilah yang membuatmu memikirkan berbagai cara untuk balas dendam dan membuat mantan menderita. Waktumu hanya tersita untuk balas dendam pada mantan sampai kamu melupakan kebahagiaanmu sendiri.

3. Intensitas komunikasi dan interaksi mu dengan mantan yang tidak kamu batasi

Inilah penyebab lain kenapa kamu masih belum juga move on dari mantan karena kamu tidak membatasi interaksi dan komunikasimu dengan mantan. Itulah yang membuatmu masih saja baper dengan mantan.

Padahal langkah pertama yang harus kamu lakukan agar bisa move on adalah menjauh dari mantan dan membatasi interaksi kalian.

Tapi kalau selama ini kamu masih saja berhubungan dengan mantan, pantas saja kamu masih belum juga bisa move on darinya. Kalau kamu memang punya niat serius untuk move on dari mantan, tegaslah untuk menjauhi dan membatasi interaksi mu dengan mereka. Hapus semua kontak dan sosial medianya.

Menghindar dan menjauhlah darinya dengan merencanakan travelling maupun melakukan kegiatan yang kamu suka.

Alihkan pikiranmu tentang mantan dengan sering-sering mengajak temanmu berkumpul dan jalan bareng. Berkenalanlah dengan orang baru sesering dan sebanyak mungkin.

4. Kamu hanya bisa memendam emosimu sendiri

Kenapa masih saja belum bisa move on dan melupakan mantan, karena kamu hanya bisa memendam emosi negatif mu sendiri. Kamu tidak punya cara untuk melampiaskan emosi-emosi negatifmu. Semakin kamu memendam emosi negatifmu, semakin kamu merasakan kebencian pada mantanmu.

Bahkan karena kamu tidak bisa melampiaskan emosi entah dengan cerita pada sahabatmu atau mencari hiburan dan pelampiasan lain, ini juga bisa membuatmu insomnia, strees bahkan depresi.

Sekarang cobalah untuk menghubungi sahabat mu dan minta dia untuk mendengarkan keluh kesahmu tentang mantan selama ini.

Jangan hanya kamu pendam sendiri, kamu harus melampiaskan emosi mu agar setidaknya kamu bisa merasa lega dengan beban pikiran dan perasaanmu selama ini.

Saat pikiran dan perasaanmu sudah cukup lega baru kamu bisa mencari pelampiasan lain untuk mempercepat move on mu dengan melakukan aktivitas fisik untuk melampiaskan emosi kamu seperti muay thai, boxing, ngegym, fitness, ataupun yoga. Jangan hanya merenung sendiri dikamar tapi keluar dan bergeraklah!

Itulah 4 kesalahan yang membuatmu belum juga move on sampai sekarang. Apapun kesalahannya kalau memang dari awal kamu sudah punya niat untuk move on, kamu pasti bisa melakukannya sesulit apapun itu.

Kecuali kalau niat move on mu memang masih setengah-setengah, katanya move on tapi masih sering berhubungan dengan mantan, katanya move on tapi masih sering membantu mantan dan masih saja tidak bisa membatasi interaksi mu dengan mantan.

Padahal tanpa move on, kamu tidak akan bisa memulai hubungan baru. Bisa saja kamu mencoba menjalani hubungan baru dengan memaksakan dirimu menerima orang baru, tapi hubungan yang didasari dengan paksaan tidak akan pernah berjalan baik. Cepat atau lambat hubunganmu pasti akan berakhir.

Jadi sebelum memutuskan untuk punya pasangan lagi, pastikan kamu sudah melakukan 3 hal ini. 3 hal itu sebagai tanda kalau kamu memang sudah siap untuk memulai hubungan baru bukan karena paksaan tapi karena kamu ingin membagi kebahagiaan yang kamu rasakan.

Kamu bisa memulai hubungan baru setelah kamu bisa membahagiakan dirimu sendiri, kamu sudah mengenal dirimu sendiri dengan baik dan tidak lagi membanding-bandingkan gebetan dengan mantanmu.

Sekarang coba kamu cari tahu apa saja yang menyebabkanmu sulit move on dan cari solusi terbaik untuk mengatasinya. Apapun usahamu untuk move on kalau memang kamu merasa sulit.

So ladies, masih mau bertahan dalam kegalauanmu mengingat mantan dan sulit move onatau berani memaksa dirimu untuk membuka diri mengenal orang baru dan menjalin hubungan baru.

Mulai sekarang kamu tidak akan lagi membutuhkan waktu lama untuk move on kalau kamu bisa menghindari 4 kesalahan tersebut dan memutuskan untuk segera move on menjadi dirimu yang lebih baik lagi. Menjadi wanita tegas, percaya diri, mandiri dan cerdas menyikapi semua permasalahan dalam hidupmu.

Fokuslah untuk mencintai dan memberikan kebaikan untuk dirimu sendiri dengan mulai belajar untuk menghargai dirimu sendiri agar saat kamu punya pasangan baru nantinya kamu bisa mendapatkan pasangan yang bisa menghargaimu.

Justru saat kamu sudah bisa fokus untuk mencintai dirimu sendiri, kamu akan lebih mudah untuk membuat orang lain ikut-ikutan mencintai kamu juga dan pastinya juga mendapatkan pasangan terbaik yang memang bisa menghargaimu.

Jadikan dirimu wanita attractive yang bisa memprioritaskan diri dan kebahagiaanmu sebelum kamu punya prioritas lain dalam hidupmu yaitu pasanganmu. Saat kamu sudah bisa menjadikan dirimu prioritas dalam hidupmu, kamu akan fokus untuk selalu melakukan perubahan menjadi orang yang lebih baik lagi.

Kamu bisa jadikan dirimu wanita dewasa yang punya 4 kualitas wanita yang pasti mendapatkan pria terbaik. Kamu bisa jadikan dirimu wanita yang cantik, cerdas, mandiri dan percaya diri dengan download audiobook dari kami dengan cara klik disini.