Ingin Kehidupan Yang Lebih Baik? Pastikan Kamu Terapkan 5 Aturan Psikologi Ini

Terkadang hidup yang kita harapkan mudah dan baik malah menjadi sulit dan selalu terlihat tidak adil di mata kita. Itu karena kita tidak bisa mengendalikan diri kita sendiri untuk menerapkan 5 aturan psikoogi ini agar kehidupan kita lebih baik dan kita pun bisa lebih bahagia.

Kehidupan menjadi lebih baik saat kita bisa membahagiakan diri kita sendiri. Dan salah satu cara untuk membahagiakan diri kita sendiri adalah dengan memahami psikologi untuk diri sendiri dan orang lain yang ada di sekitar kita karena ini akan mempengaruhi kebahagiaan yang kita rasakan.

Dengan bisa memahami psikologi diri sendiri dan orang lain, kita jadi tidak mudah dikecewakan dan merasa gagal saat kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dan saat respon orang lain tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita tidak akan lagi menyalahkan diri sendiri saat mengalami kegagalan dan lebih berani untuk melakukan perjuangan baru.

Salah satu cara termudah untuk membahagiakan diri sendiri adalah dengan membiasakan diri berpikiran positif dan mengabaikan komentar orang lain yang hanya berniat untuk menjatuhkan kita. Tapi kamu juga harus mulai menerapkan 5 aturan psikologi dari kutipan Lifehack ini agar kamu bisa menjalani kehidupan yang lebih baik dan bahagia tentunya:

1. Selalu terima dan lakukan perubahan untuk membuat hidupmu lebih maju dan baik

Kalau kamu ingin kehidupan yang lebih baik dan membahagiakan, kamu harus bisa menerima dan melakukan perubahan setiap harinya. Pastikan kamu selalu belajar dan melakukan satu hal baru setiap harinya. Jangan takut kegagalan dan jadikan kegagalan di masa lalu sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri di masa depan.

Tanpa perubahan kamu akan merasa bosan dan stuck dizona nyamanmu. Jadi beranilah untuk tidak hanya berencana berubah tapi juga melakukan tindakan untuk berubah. Coba kamu introspeksi diri apakah kamu sudah melakukan perubahan dalam diri kamu? Bandingkan diri kamu sekarang dengan diri kamu 1 atau 2 tahun yang lalu. Jangan sampai kegagalan di masa lalu mu menghambat usahamu untuk maju dan menjadi lebih baik lagi.

Misalnya saja perubahan nasib dan keberuntunganmu dalam hal asmara. Kalau kamu merasa masih tidak ada perubahan dalam keberuntunganmu, bisa jadi karena kamu belum merubah dirimu. Mengubah diri kamu juga bisa mengubah nasib kamu ke depannya.

2. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain sama saja kamu meremehkan dirimu sendiri

Pantas saja kalau kehidupanmu tidak menjadi lebih baik atapun bahagia karena kamu sering meremehkan diri kamu sendiri dengan membandingkan diri kamu dengan orang lain. Kamu merasa kalau kamu tidak sepantas orang lain untuk mendapatkan kebahagiaan dan kamu merasa kamu tidak akan bisa menjadi lebih baik dari orang lain.

Semakin sering kamu membandingkan diri kamu, semakin sering pula kamu akan meragukan kualitas diri kamu dan secara tidak langsung kamu juga sudah merendahkan diri kamu sendiri.

Kalau kamu sendiri sudah berani menrendahkan diri kamu, pantas saja orang lain selalu bisa menakutimu saat kamu ingin melakukan sesuatu. Orang lain selalu berhasil menggagalkan usahamu.

Belajarlah untuk menghargai diri kamu dengan tidak lagi membandingkan diri kamu dengan orang lain dan dengan penuh keberanian dan kepercayaan diri melakukan apapun yang kamu inginkan dan memperjuangkan kebahagiaanmu. Mulai sekarang jangan lagi takut untuk mendekati dan mengajak kenalan orang yang kamu inginkan.

Jangan lagi takut kegagalan hanya karena orang lain menganggap kamu gagal kalau kamu belum membuktikan dan mengusahakannya. Setidaknya kalaupun memang kamu gagal atas apa yang sudah kamu usahakan itu lebih baik dibanding tidak melakukan apa-apa karena sudah percaya dengan omongan orang lain yang menganggapmu gagal.

 3. Jadilah dirimu sendiri dengan mulai menerima dan nyaman dengan dirimu sendiri

Jangan sampai kamu membohongi dirimu sendiri dengan menjadi orang lain hanya karena ingin menyenangkan orang lain. Kalau kamu hanya melakukan apa yang orang lain ingin kamu lakukan, kamu hanya akan terus menyakiti diri kamu sendiri karena kamu tidak melakukan apa yang benar-benar kamu inginkan, kamu hanya berusaha untuk membuat orang lain senang, bukannya malah menyenangkan diri kamu sendiri.

Tunjukan keberanian dan kepercayaan diri kamu untuk menjadi dirimu sendiri, jangan takut menjadi dirimu sendiri. Caranya agar kamu bisa menjadi diri kamu sendiri adalah dengan mulai menerima dan nyaman menjadi diri kamu. Jangan hanya mengeluh dengan kekurangan yang kamu miliki tapi terus perbaiki dan evalusi kekurangan diri.

Saat kamu sudah bisa menjadi diri kamu sendiri tanpa takut dan khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan tentangmu, kamu akan merasa lebih tenang dan bahagia. Dan ketenanganmu ini akan mempengaruhi keberanianmu untuk mendekati orang yang kamu suka.

Kalau kamu sudah bisa menjadi diri kamu sendiri, tandanya kamu sudah bisa menerima semua kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu. Jadi kamu pun akan lebih percaya diri untuk melakukan apa yang ingin kamu lakukan, termasuk untuk memperjuangkan orang yang kamu suka.

4. Jangan pernah menyerah dan putus asa kalau kamu belum mendapatkan apa yang kamu inginkan

Inilah yang menyebabkan kehidupan mu tidak juga menjadi lebih baik dan bahagia karena kamu selalu menyerah saat kamu sudah mendapatkan satu kegagalan. Harusnya kamu bisa menjadikan kegagalan sebagai pelajaran agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama lagi di masa depan. Bukannya malah terus mengingat kegagalan di masa lalu dan menghambat mu untuk melakukan usaha baru karena kamu takut gagal lagi.

Semakin sering kamu gagal, semakin banyak pelajaran yang kamu dapatkan untuk memperbaiki diri dan menghindari kesalahan yang sama ke depannya. Mulai sekarang tidak masalah kalau kamu gagal mendapatkan orang yang kamu suka setidaknya kamu sudah menunjukkan keberanianmu untuk mengusahakan dan melakukan apa yang kamu inginkan.

Justru dari kegagalan mu inilah kamu bisa melakukan cara baru agar kamu terhindar dari kesalahan yang sama yang membuatmu gagal mendapatkan apa yang kamu inginkan.

5. Latih dan biasakan dirimu untuk selalu positive thinking

Saat kamu bisa positive thinking kamu akan melewati semua kegagalan dan penolakan yang kamu dapatkan selama ini. Karena orang yang positive thinking selalu bisa menemukan hal positif dari setiap permasalahan yang dialami.

Orang yang positive thinking tidak pernah menyalahkan dirinya atas kegagalan yang didapatkan, justru dia merasa bangga karena setidaknya dia berani mengusahakan sesuatu dan dia bisa memperbaiki kegagalannya agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

 Termasuk saat kamu gagal mendapatkan orang yang kamu suka, saat kamu positive thinking kamu akan mencari tahu dimana letak kesalahanmu kenapa tidak bisa mendapatkannya dan memperbaikinya, bukannya malah menghentikan semua usahamu untuk mendapatkan orang yang lebih baik lagi.

Dengan membiasakan dan menerapkan 5 aturan psikologi tersebut, kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri agar tidak meremehkan dirimu sendiri saat kamu tidak bisa mendapatkan apa yang kamu perjuangkan dan tidak memusingkan respon orang lain yang hanya ingin menjatuhkan mu saja.

5 aturan psikologi ini akan membuatmu lebih berani untuk menghadapi tantangan dan persaingan dalam kehidupan. Kamu akan lebih berani untuk jujur menjadi dirimu sendiri, berani untuk melakukan perubahan dan keluar dari zona nyaman, dan pasti kamu juga akan lebih kuat mental agar tidak mudah diremehkan orang lain.

Kamu tidak akan lagi membatasi dirimu dengan ketakutan-ketakutan yang selama ini kamu alami saat ingin mendekati dan mendapatkan orang yang kamu inginkan. Kamu akan membebaskan dirimu melakukan apapun yang ingin kamu lakukan.

Dengan berani melakukan dan memperjuangkan apapun yang kamu inginkan sudah pasti kamu pasti akan selalu mendapatkan kebahagiaan dan kehidupanmu menjadi lebih baik.