4 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Menghentikan Kebiasaan Bohong Pasangan

Kebohongan-kebohongan kecil yang dilakukan terus-menerus oleh pasangan memang akan membuatmu kesal sendiri. Meskipun niat pasangan untuk membohongimu demi kebaikan sekalipun, tetap saja kebiasaan berbohongnya memang harus kamu hentikan kalau kamu tidak ingin menghindari masalah besar di masa depan karena kebohongannya itu.

Memang sih ada baiknya untuk menghentikan kebiasaannya berbohong, kamu harus berani tegas untuk meninggalkannya, tapi kamu tetap memilih untuk bertahan karena kamu berharap dia bisa berubah dan kebohongannya itu masih bisa kamu maafkan. Tapi kamu yakin nantinya saat kamu sudah punya komitmen serius dengannya, dia akan berhenti dengan kebiasaan berbohongnya ini?

Setelah kamu menemukan 6 tanda dia berbohong ini, kamu juga harus mulai menghentikan kebiasaan berbohongnya dengan 4 cara ini:

1. Tahan emosi kamu, tetap tenangkan diri kamu

Pasangan pasti punya alasan kenapa dia lebih memilih berbohong pada mu dan saat kamu tahu dengan kebohongannya pasti kamu akan langsung emosi dan memberikannya banyak pertanyaan agar dia mengakui kebohongannya. Mulai sekarang cobalah untuk menahan emosimu, tetap bersikap tenang karena emosimu tidak akan menyelesaikan masalah malah makin memperparahnya.

Karena saat kamu emosi dan langsung marah-marah pada pasangan dengan mencercanya kenapa dia berani berbohong padamu, justru dia akan terus berbohong untuk menutupi kebohongannya itu. Jadi, coba kamu tetap tenang dan di lain waktu kamu bisa bicarakan ini padanya, bicarakan baik-baik kenapa dia dulu membohongimu.

2. Berikan konsekuensi untuk kebohongannya

Pasangan yang sering berbohong karena kalian tidak membuat konsekuensi atau batasan dalam hubungan apa yang boleh dan tidak boleh kalian langgar, salah satunya adalah konsekuensi saat dia berbohong.

Selain itu dengan membuat aturan/batasan dalam hubungan agar kalian tidak berbohong adalah untuk meningkatkan toleransi diantara kalian berdua agar tidak melanggar kesepakatan.

Misalnya saja buat peraturan apa yang akan kamu lakukan saat pasanganmu ketahuan membohongimu tapi dia tidak mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf untuk memperbaiki kesalahannya, kamu bisa putuskan dia saja. Aturan ini juga akan membuat pasangan untuk berpikir ulang saat punya niat untuk membohongimu. Tapi tetap saja ya, ini bukan hanya ancaman mu saja, kamu harus tetap konsekuensi dengan aturan yang sudah kalian buat di awal hubungan kalian.

 3. Ajak Dia Diskusi

Daripada kamu langsung emosi dan memarahinya lebih baik kamu ajak saja dia diskusi kenapa dia memilih untuk membohongimu. Apakah kebohongannya itu karena tidak ingin mengecewakan atau menyakitimu, tetap saja kamu tidak suka dengan kebohongan. Kamu harus katakan padanya kalau kamu sangat menghargai kejujuran sepahit apapun itu.

Selain itu coba evaluasi diri kalian masing-masing apakah ada sikap dari kalian yang  membuat pasangan harus berbohong pada kalian.

Mungkin ada sikapmu yang sering membesar-besarkan masalah kecil sehingga  membuatnya berpikir berbohong lebih baik berbohong daripada harus bertengkar besar hanya karena masalah sepele.

Setelah kamu mendiskusikan alasannya dan evaluasi apakah ada dari sikap kamu yang membuatnya berbohong, sekarang minta dia untuk tidak mengulangi kebohongannya lagi dan memberinya apresiasi saat dia berani untuk jujur. Misalnya saja memberinya pelukan saat dia berkata jujur, katakan saja “Tuh kan jadi makin ganteng deh kalau berani jujur gini”

 4. Tanyakan apa ada yang bisa kamu bantu

Saat pasangan ketahuan bohong, kamu pasti akan langsung mencecarnya dengan berbagai tuduhan dan sikap buruknya, bahkan kamu menyalahkan dia dengan kebohongannya itu tanpa tahu alasan dibalik kebohongannya, dan itulah yang membuat pria malah mengabaikan mu dan tidak mendengarkan ocehanmu sama sekali.

Pasangan terutama pria punya ego yang sangat tinggi yang selalu membenarkan apapun yang dia lakukan saat memilih berbohong. Dia berbohong karena dia punya alasan untuk itu dan menurutnya apa yang dilakukannya itu tidak salah-salah banget kok, toh dia juga berbohong demi kebaikan hubungan kalian.

Lebih baik kamu menanyakan padanya apa dia ada masalah yang bisa kamu bantu, kenapa dia memilih berbohong, apakah ada sikap mu yang membuatnya harus berbohong? Coba kamu tanyakan hal itu padanya.

Misalnya saja kalau selama ini kamu terus berpikiran negatif tentang teman-temannya dan memintanya untuk menjauhi teman-temannya itu, padahal kamu tidak terlalu kenal dengan teman-temannya itu, pantas saja pasanganmu lebih memilih berbohong pada mu karena dia tidak mau pikiran negatifmu itu malah menimbulkan konflik dalam hubungan kalian.

Coba kamu ingat-ingat lagi apakah ada sikapmu yang membuat pasangan memilih untuk berbohong padamu selama ini?

Itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaannya berbohong selama ini. Karena orang yang sudah terbiasa melakukan kebohongan kecil tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kebohongan yang lebih besar lagi. Kalau kamu membiarkan pasanganmu terus melakukan kebohongan, sama saja kamu membiarkan dirimu sendiri bertahan dalam hubungan yang tidak sehat.

Setidaknya kamu harus selalu memastikan kalau kamu menerapkan 8 standar hubungan ini agar kamu bisa terhindar dari pria-pria pembohong dan bisa tegas untuk meninggalkan pria yang berani berbohong padamu.