8 Cara Membuat Pasangan Peka Dengan Apa Yang Kita Inginkan

Banyak wanita mengeluh punya pasangan yang tidak peka, tidak sensitif lah karena mereka tidak bisa memahami dan mengerti apa yang wanita inginkan.  Sebenarnya kepekaan berasal dari kepedulian yang besar dari pasangamu. Jadi salah satu penyebab pasangan yang tidak peka bisa jadi karena mereka tidak begitu peduli denganmu.

Padahal kepedulian dan kepekaan adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam hubungan kalian. Tapi memang tidak mudah agar pasangan bisa dengan cepat sensitif dan peka memahami apa yang kita inginkan tanpa kita mengatakannya. Semua itu butuh waktu dan proses yang tidak singkat.

Kamu bisa mengusahakannya perlahan dengan melakukan 8 hal ini untuk membuat pasangan lebih peka memahami apa yang kamu inginkan:

1. Jangan menghakimi dan menuntut pasangan

Jangan hanya karena pasangan tidak bisa memahami apa yang kamu inginkan, kamu jadi menuntut dan menghakiminya dengan bilang dia tidak sayang lagi lah sama kamu atau dia sudah tidak peduli dan perhatian lagi lah dengan kamu.

Kamu juga harus belajar untuk memahaminya dulu sebelum kamu minta untuk dipahami. Mungkin dia punya alasan kesibukan atau sedang banyak pikiran sehingga dia sedikit melupakan apa yang kamu biasanya kamu inginkan.

Jangan dulu berfikiran negatif dan berasumsi saat pasangan tidak bisa memahamimu. Kamu harus tetap percaya padanya dan memberinya kesempatan untuk menjelaskan alasannya. Dengan memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk menjelaskan inilah landasan awal agar pasangan juga bisa lebih peduli dan peka dengan apa yang kamu inginkan.

2. Posisikan dirimu sebagai pasangan

Sebelum kamu meminta pasangan untuk memahami dirimu, buatlah dirimu sendiri memahami apa yang benar-benar kamu inginkan. Setelah kamu memahaminya, kamu bisa mengatakannya pada pasangan.

Coba kamu posisikan dirimu sebagai pasanganmu seandainya kamu berada di posisinya apakah kamu bisa memahami apa yang kamu inginkan sendiri? Belum tentu kan? Itulah kenapa kamu harus selalu mengatakan perasaanmu pada pasangan agar dia paham. Tapi sebelumnya kamu harus bisa memahami dirimu sendiri.

 3. Membantu meringankan beban pasangan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepekaan adalah dengan membantu meringankan beban pasangan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya contoh sederhana adalah saat pasangan sibuk kerja dikantor bahkan lembur, kamu bisa memasakannya dan membawakannya bekal.

Karena dengan bantuan-bantuan sederhana inilah tanda kalau kamu memberinya dukungan. Dan dukungan inilah salah satu bentuk dari kepekaanmu untuk bisa lebih memahami keinginan pasangan. Kamu jadi lebih bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi dirinya dan apa yang dia butuhkan. Pasangan juga akan lebih merasa kamu peduli dengannya, dengan begitu dia juga akan melakukan hal yang sama padamu. Dan secara tidak langsung kepekaan kalian pun makin bertambah.

 4. Mencari tahu keinginan dan kebutuhan pasangan

Punya pasangan mengajarkan mu untuk meminimalisir sisi egoismu. Jadi jangan hanya ingin menang sendiri saat ingin membuat keputusan. Kamu juga harus mempertimbangkan apa yang dinginkan dan dibutuhkan pasangan. Kamu harus tetap melibatkan pasangan dalam setiap keputusan yang kamu buat.

Latihlah kepekaan mu dengan hal-hal kecil seperti menanyakan pada pasangan apa yang ingin dia lakukan di akhir pekan nanti. Kalau perlu kamu luangkan waktu mu untuk menemani pasangan melakukan apa yang dia suka (hobinya). Kamu belajar dulu memahaminya agar dia juga bisa memahami mu perlahan.

 5. Selalu Ada saat pasangan membutuhkanmu

Meski kalian belum bisa peka memahami apa yang pasangan kalian inginkan, setidaknya kehadiran mu saat pasangan membutuhkanmu sudah sangat membantu dan membuatnya merasa diperhatikan. Saat pasangan sedang mengalami kesulitan, kamu harus usahakan untuk selalu ada untuknya.

Dengan selalu ada untuknya kapapnpun dia membutuhkanmu akan membantu kalian meningkatkan kepekaan terhadap apa yang pasangan kalian butuhkan perlahan karena secara tidak langsung kalian juga meningkatkan kepedulian kalian pada pasangan.

6. Tunjukkan empatimu pada orang lain

Kepekaan tidak muncul begitu saja, kamu harus melatih dan membiasakannya. Cobalah untuk berempati dan lebih peka pada orang lain dilingkunganmu sebelum kamu belajar untuk lebih peka pada pasanganmu. Makin sering kamu melatih dan membiasakan empatimu pada lingkunganmu, makin peka kamu terhadap pasanganmu.

Saat kamu sudah bisa peka terhadap pasanganmu, nantinya pasanganmu pun akan melakukan hal yang sama padamu. Dia akan berusaha untuk memahami dan peka terhadap apa yang kamu inginkan perlahan.

 7. Minta pada pasangan untuk mengatakan perasaannya

Sebelum kamu kesal pada pasangan yang tidak bisa peka pada apa yang kamu inginkan, coba tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu sudah bisa peka terhadapnya?

Kalau belum belajarlah untuk peka dengan minta pada pasangan mengatakan perasaannya pada mu. Kamu bisa menanyakan hal-hal sederhana seperti “gimana kabar kamu?” “ada yang bisa aku bantu gak?”

Perlakukan orang lain seperti apa kamu ingin diperlakukan. Kalau kamu ingin membuat peka pasanganmu, maka kamu pun harus membuat dirimu peka terhadap pasangan mu terlebih dulu.

 8. Berikan kasih sayang sebesar-besarnya pada pasangan

Daripada kamu dibuat bingung melatih gimana caranya peka terhadap pasangan, lebih baik kamu mencoba untuk memberikan kasih sayang sebesar-besarnya pada pasangan.

Misalnya saja dengan selalu memberikan apa yang sedang pasangan butuhkan, menemani pasangan saat dia memang membutuhkan dan memberikan kepedulian pada pasangan.

Dengan begitu perlahan, kepekaanmu terhadap apa yang diinginkan pasangan juga akan semakin terlatih. Karena kepekaan bisa terbentuk dari kepedulian dan perhatian-perhatian kecil yang kamu berikan pada pasangan.

Itulah 8 hal yang harus kamu coba untuk membuat pasanganmu lebih peka memahami apa yang kamu inginkan. Tapi sebagai wanita, kamu juga jangan hanya menuntut pasangan untuk terus memahami mu tapi juga belajarlah memahami pasanganmu seperti dia berusaha memahamimu.

Jangan terus menyalahkan pasangan saat dia tidak bisa memahamimu, komunikasikan langsung saja pada pasangan sikap yang tidak kamu sukai darinya. Kalau kalian memang masih saling mencintai, kalian pasti menemukan cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan dengan baik.

Jangan sampai kamu terus mempertahankan hubungan seperti ini hanya karena kamu tidak ingin melepaskannya dan tidak bisa meninggalkannya. Sebagai wanita yang attractive kamu harus bisa menciptakan bahagia mu sendiri dan kebahagiaanmu itu saat kamu bisa bersikap tegas pada orang yang sudah tidak bisa menghargai mu.