Lakukan 6 Cara Ini Untuk Membuat Pasangan Lebih Terbuka Dan Jujur Padamu

Komunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan yang harus kamu terapkan dalam hubungan mu agar hubungan mu bisa langgeng dan bahagia. Tapi terkadang kamu dan pasangan mu sama-sama sulit untuk mengatakan perasaan kalian dan komunikasi kalian pun bisa jadi berkurang dan terbatas dengan kesibukan kalian masing-masing.

Dan hal yang paling membuat lebih frustasi lagi adalah saat pasangan mulai menyembunyikan sesuatu dari mu karena berbagai alasan agar tidak menyakitimu ataupun karena terbatasnya waktunya untuk menjelaskan sesuatu padamu.

Saat pasangan lebih memilih untuk berbohong agar tidak memunculkan konflik baru dalam hubungan kalian. Padahal satu kebohongan akan menyebabkan kebohongan lainnya.

Cara terbaik untuk menghentikan kebohongannya adalah dengan membuat pasangan bersikap lebih terbuka dan jujur padamu. Kamu bisa lakukan 6 tips agar pasangan lebih terbuka dan jujur padamu ini:

1. Katakan semua keluhan, keraguan dan sikap pasangan yang tidak kamu sukai

Kalau kamu saja tidak bisa jujur pada dirimu sendiri, bagaimana mungkin kamu bisa membuat pasanganmu jujur padamu.

Jadi jujurlah pada dirimu sendiri dengan mengatakan semua keluhan, ketakutan dan sikap pasanganmu yang tidak kamu sukai pada pasanganmu agar pasangan mu juga bisa lebih merasa aman dan nyaman untuk memperlakukanmu sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Dengan mengatakan apa yang kamu inginkan pada pasangan, pasangan juga pasti akan mulai untuk berani lebih terbuka dan jujur mengatakan apa yang dia inginkan darimu juga.

2. Buat Waktu Khusus Untuk Saling Curhat

Kalau selama ini intensitas pertemuan dan interaksi kalian terbatas dengan kesibukan kalian dan karena kesibukan itu juga yang membuat pasangan mau tidak mau pasti punya sesuatu untuk disembunyikan, mulai sekarang buatlah waktu khusus untuk saling curhat dan berdiskusi apa saja yang terjadi pada diri kalian dan apa saja kesibukan kalian selama ini.

Dengan meluangkan waktu untuk saling berdiskusi dan tukar pikiran, kalian pasti akan lebih terbuka dan jujur satu sama lain, kalian juga akan lebih bisa memahami dan berempati dengan kesibukan pasangan kalian.

3. Komunikasikan segala sesuatu pada pasangan

Sedikit dan sekecil apapun kebohongan atau masalah yang kamu sembunyikan dari pasanganmu akan menjadi kerikil kecil yang bisa menghancurkan hubungan kalian. Jadi, komunikasikan segala sesuatu yang mengganggu hatimu. Jangan menyembunyikan sesuatu dengan menjadi pasif, mengulur-ulur waktu atau bahkan diam saja.

Kamu harus mengatakan padanya kalau ada sikapnya yang berubah dan tidak kamu suka atau alasannya kenapa dia berubah apakah ada sikapmu yang tidak dia suka.

Dari hal sederhana itu saja, pasanganmu akan lebih bersikap jujur dan terbuka mengatakan padamu apa yang dia takutkan selama ini.

Alasan sesorang menyembunyikan sesuatu dan lebih memilih berbohong adalah karena takut menyakiti dirinya sendiri atau malah takut kehilangan (menyakiti orang yang dia sayang).

Jadi kamu harus punya inisitif untuk menanyakan perubahan sikap atau ada permasalahan yang sedang dia hadapi, dengan begitu kamu bisa memberinya dukungan dan bantuan untuk menyelesaikan permasalahannya. Dia pun pasti lebih terbuka dan jujur dengan apa yang terjadi pada dirinya.

 4. Peka Dengan Emosi Pasangan

Kamu harus bisa lebih peka pada emosi pasangan dengan cara mengamati dan memperhatikan bagaimana reaksi atau emosi tertentu yang ditunjukkan pasangan saat menghadapi situasi tertentu.

Setelah itu kamu bisa mengatakan hasil pengamatanmu terhadap emosi pasanganmu padanya. Kamu bisa mengatakan “Kamu ternyata orangnya seperti ini saat menghadapi masalah ini, memangnya ada masalah apa sebenarnya? Siapa tau aku bisa membantumu.”

Nah kalau kamu memang bisa lebih peka dengan emosinya saat menyikapi masalah tertentu, pasangan akan merasa kalau kamu lebih memperhatikannya, dan dengan perhatianmu itu, dua juga akan lebih bisa terbuka dan jujur padamu.

5. Lakukan Kegiatan Yang Kalian Sukai Untuk Mempererat Kedekatan Kalian

Dengan melakukan kegiatan yang memang kalian sukai, kalian juga lebih punya banyak waktu untuk saling berbagi dan mempererat kedekatan kalian. Dengan melakukan kegiatan yang kalian sukai juga mengurangi ketegangan diantara kalian, kalian pasti akan lebih bisa terbuka dan jujur tentang sesuatu yang mungkin kalian sembunyikan selama ini.

Atau setidaknya dengan melakukan kegiatan yang kalian sukai, kalian bisa meredakan ketegangan yang terjadi dalam hubungan kalian selama ini, saling introspeksi dan evaluasi diri apa yang tidak kalian sukai dari pasangan kalian masing –masing.

6. Peduli Pada Perasaan Pasangan

Dalam hubungan pasti ada saat kamu merasa tidak setuju dengan keputusan pasanganmu dan kamu tidak bisa menerima begitu saja pilihan pasanganmu, tapi tetap saja kamu harus bisa memahaminya. Pahami pilihan dan keputusannya dengan peduli pada perasaan dan alasan pasangan memilih keputusan itu.

Jangan hanya menghakimi dan menyalahkan pasangannya dengan pilihannya, tapi kamu juga harus bisa menjelaskan padanya kenapa kamu tidak setuju dengan pilihannya, jangan juga memaksakan kehendakmu untuk membuat pasangan menerima saranmu.

Kamu hanya memberikan saran pada pasanganmu untuk membuatnya lebih terbuka dan jujur kenapa dia mengambil pilihan tersebut.

Itulah 6 tips yang harus kamu lakukan untuk membuat pasanganmu lebih terbuka dan lebih jujur padamu. Selain 6 tips tersebut, kamu juga harus tau 5 cara komunikasi yang baik dengan pasanganmu ini agar hubungan mu dan pasanganmu bisa langgeng dan awet bahkan sampai jenjang pernikahan.

Asalkan kalian tetap bisa saling menjaga komunikasi, mengendalikan emosi dan ego kalian masing-masing dan saling pengertian, kalian bisa mendewasa bersama-sama dan menjalani hubungan yang memang bisa membahagiakan kalian.

Menjaga kejujuran dan kepercayaan juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kestabilan hubungan dan menjauhkan hubungan kalian dari konflik dan kesalahpahaman.

Dan salah satu cara agar kamu bisa menjaga kestabilan hubungan kalian adalah dengan menjadi wanita dewasa yang tidak hanya punya kecerdasan intelektual tapi juga seorang wanita dewasa yang punya kecerdasan emosional, yang bisa mengendalikan emosinya, tetap bisa bersikap tenang dan sabar dalam menghadapi permasalahan dan selalu bisa menenangkan diri dan pasangannya saat terjadi permasalahan. Bukannya malah tersulut emosi dan saling menyalahkan satu sama lain.

Sebagai pasangan, kalian harus punya rasa toleransi satu sama lain untuk mengatasi konflik. Kamu harus bisa memposisikan dirimu sebagai pihak yang bersalah saat terjadi permasalahan agar kamu lebih bisa mengerti kenapa pasanganmu melakukan kesalahan tersebut,  kamu harus berani mengakui kesalahan dan meminta maaf dan yang pasti kamu harus berani untuk lebih terbuka dan jujur untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hubungan kalian.