5 Cara Menerima Kekurangan Pasangan

Pasanganmu bukanlah manusia sempurna yang tidak punya kekurangan apalagi tidak pernah melakukan kesalahan. Secinta-cintanya kamu dengan pasangan, pasti ada saat dimana pasangan membuat kamu kesal, jengkel dan dongkol karena terus melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Atau bisa jadi pasti ada sifatnya yang tidak kamu suka.

Kalau hal itu terjadi terus-menerus, pasangan terus meminta maaf dengan kesalahan yang sama, bukannya memperbaiki diri dan sadar agar tidak melakukan kesalahan yang sama, hati-hati dengan batas kesabaranmu justru bisa membuat hubungan mu diambang kehancuran.

Makanya daripada kamu mencari tahu cara untuk menyadarkan pasanganmu, lebih baik kamu memberikan kesadaran pada dirimu sendiri bahwa saat kamu menerimanya sebagai pasanganmu, kamu harus menerima dirinya seutuhnya, dari kelebihan maupun kekurangannya.

Cari tahu cara bagaimana kamu bisa memberinya toleransi dengan kekurangannya itu agar kamu tidak lagi dibuat kesal dengan sifatnya. Fokus saja mengembangkan diri kamu dibanding harus menuntut pasangan untuk berubah. Kembangkan diri kamu dengan mulai sabar menerima kekurangan pasangan dengan 5 cara ini:

1. Sadar bahwa kamu pun punya kekurangan dan kalau pasanganmu saja bisa menerima kekuranganmu, maka kamu pun harus bisa

Kalau kamu selalu mengeluh pasangan mu seperti ini seperti itu. Pasanganmu tidak pernah bisa mengerti kamu dan selalu melakukan salah ini dan itu.

Coba sekarang kamu pikirkan, apakah kamu yakin kamu tidak pernah melakukan kesalahan? Lalu bagaimana sikap pasanganmu? Kalau pasanganmu saja bisa menerima dan memaafkan kekurangan dan kesalahanmu, maka kamu pun harusnya bisa melakukan hal yang sama.

Kalau kalian ingin hubungan kalian langgeng dan bahagia, salah satu caranya adalah dengan menghormati dan menghargai kekurangan pasangan.

Justru dengan kekurangan pasangan itulah kamu terlihat punya kelebihan dan sebaliknya. Dan saat itulah justru sebagai pasangan, kalian harus saling melengkapi, bukannya malah saling menyalahkan dan menuntut pasangan untuk berubah.

2. Fokus memperbaiki dan meningkatkan diri kamu

Dibanding kamu sibuk mencari cara mengubah pasanganmu, lebih baik kamu fokus menyibukkan diri untuk mengembangkan diri kamu.

Kamu pasti sadar dan tahu pasti kan kalau kamu pun punya kekurangan dan kesalahan yang harus kamu perbaiki. Jangan terus mencari tahu kekurangan pasangan, tapi cobalah untuk menerima semua kekurangan pasangan dengan belajar bersikap sebaik mungkin pada pasangan.

Mungkin dengan kebaikanmu itulah justru bisa membuat pasangan lebih sadar dengan kekurangannya dan juga akan lebih berusaha untuk memperbaiki dirinya. Tapi kalau kamu frontal bilang dia harus berubah ini itu, percuma saja.  Egonya tidak akan membiarkanmu mengubahnya, biar dia sadar sendiri dan berubah karena keinginannya sendiri.

3. Katakan langsung padanya tentang kekurangan dan kesalahannya yang sudah terlalu sering dilakukannya

Mungkin saat kamu sudah lelah dengan merasa tidak nyaman dengan semua kekurangan dan kesalahan yang pasanganmu lakukan selama ini, kamu harus berani untuk angkat bicara dan mengatakan pada pasangan sifatnya yang membuatmu tidak nyaman dan bisa mempengaruhi kualitas hubungan kalian. Katakan langsung padanya dengan baik-baik, tidak dengan emosi atau malah marah-marah padanya.

Tenangkan diri kamu dulu sebelum mengatakan kekesalanmu pada pasangan. Kalau kamu bisa mengatakannya dengan tenang, dia pun akan lebih bisa mendengarmu. Tapi kalau belum apa-apa kamu sudah marah dan emosi dengannya, dia akan memilih untuk menjauh dan menghindarimu.

4. Jangan berharap terlalu tinggi pada pasangan

Kamu lebih mudah dikecewakan dengan kekurangan pasangan karena kamu berharap terlalu tinggi pada pasanganmu. Seharusnya kamu sadar batas kemampuan pasanganmu agar kamu tidak berharap terlalu tinggi padanya. Atau bisa jadi karena kamu yang tidak sadar diri dengan kekuranganmu sehingga kamu mengharapkan pasanganmu bisa memperlakukanmu sesuai dengan harapanmu.

Kamu harus ingat kelebihan pasangan dibanding harus mencari tahu kekurangan dan kesalahan yang dia lakukan.

Jangan hanya bisa menghakimi dan menuntut pasangan melakukan apa yang kamu inginkan tanpa kamu introspeksi diri mungkin kamu juga punya kekurangan dan kesalahan yang menyebabkan pasanganmu harus melakukan kesalahannya.

5. Terima kekurangan pasangan dengan tulus

Kalau kamu terus mencoba untuk mengubah pasangan dan memaksakan kehendakmu pada pasangan agar bisa menjadi seperti ekpektasimu, itu bisa menyebabkan konflik dalam hubungan kalian dan bisa jadi malah menghancurkan hubungan kalian. Dengan menemukan kekurangan dan kesalahan pasangan, bukan berarti kamu lebih baik darinya juga kan?

Pasangan yang baik adalah pasangan yang bisa saling melengkapi dan menerima kekuarang dan kelebihan satu sama lain. Justru dengan kekurangan dan kelebihan itu, mereka bisa saling bekerjasama untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri mereka bersama.

Terima saja kekurangan pasangan dengan tulus seperti pasangan juga bisa menerima kekuranganmu.

Kamu harus bisa mengenali dirimu sendiri dan membuat batasan sejauh mana kamu bisa memberinya toleransi untuk terus melakukan kesalahan. Kamu tidak bisa mengatur sikap seseorang terhadapmu, tapi kamu bisa mengubah bagaimana caramu menyikapi perlakuan mereka. Karena kamu tidak bisa mengubah pasanganmu, maka ubahlah dirimu sendiri terlebih dahulu. Bisa jadi kekurangan pasangan itu terlihat karena kamu yang terlalu berharap tinggi pada pasanganmu sehingga kamu kecewa saat harapanmu tidak sesuai dengan kenyataan.

Kamu harus tahu sampai mana kemampuan pasanganmu bisa memenuhi ekspektasimu agar kamu tidak cepat merasa kecewa. Jangan terlalu perfectionist membuat pasangan menjadi seperti yang kamu inginkan. 

Kamu bisa download audiobook eksklusif dari kami dengan cara klik disini untuk menambah wawasan mu seputar PDKT dengan pria dan bagaimana cara menjadi wanita yang punya kepercayaan diri dan punya inisiatif untuk mendekati pria tapi tidak terkesan agresif.