7 Hal Yang Harus Kamu Pelajari Dari Dirimu Sendiri Sebelum Memutuskan Untuk Punya Pasangan

Menemukan pasangan yang cocok untuk kamu memang bukan hal yang mudah, karena pasti kamu punya pertimbangan dan kriteria pasangan ideal seperti apa yang cocok dengan kepribadianmu.

Tapi sebelum kamu bisa menentukan kriteria pasangan yang cocok denganmu, setidaknya kamu harus mempelajari dan mengenal dirimu sendiri dulu.

Mungkin saja sebenarnya kamu sudah mulai nyaman dengan kesendirianmu dan bisa menikmati waktu mu untuk terus mengembangkan kualitas diri dan mencapai karir dan pendidikan mu, namun justru lingkungan yang akan memaksamu untuk mengingat lagi status jomblo dan usia mu yang makin matang tapi belum juga punya pasangan.

Dan saat lingkungan mulai mengusik ketenanganmu, kamu akan mencoba berbagai cara agar kamu bisa segera mendapatkan pasangan. Mulai dari minta dikenalkan teman-teman mu, mencoba berkomunikasi dengan teman lama dan karena itu kamu terlalu disibukan untuk terus mencari pasangan dan melupakan untuk memantaskan dan mempersiapkan diri mu.

Salah satu alasan kenapa kamu masih belum juga pasangan adalah karena kamu belum siap dan belum mengenal dirimu sepenuhnya. Itulah kenapa sebelum kamu benar-benar siap punya pasangan, setidaknya 6 hal ini harus kamu pelajari agar kamu lebih bisa mengenal dirimu sendiri.

Belajar mengenal diri sendiri sama juga belajar untuk mencari tahu apa yang kamu inginkan dan butuhkan dari pasanganmu nantinya. Dengan begitu kamu tidak akan lagi salah memilih pasangan karena kamu sudah benar-benar memahami dirimu sendiri dan pastinya kamu juga akan mendapatkan pasangan yang bisa memahamimu.

1. Kenali dirimu sendiri dengan mencari tahu kekurangan dan kelebihan dirimu

Sebelum kamu memutuskan untuk mencari pasangan, lebih baik kamu cari tahu kekurangan dan kelebihan diri kamu agar kamu lebih bisa menghargai dirimu sendiri saat sudah punya pasangan nanti. Karena dengan tahu kekurangan dan kelebihan dirimu, kamu juga akan lebih mengerti dan memahami apa yang kamu inginkan dan butuhkan untuk bisa membahagiakanmu.

Dan pastinya kamu juga akan lebih bisa menentukan kriteria pasangan yang memang cocok dengan kekurangan dan kelebihan dirimu. Pasangan yang memang bisa melengkapi dan menutupi kekuranganmu. Kamu tidak akan lagi memaksakan diri untuk bersama pria yang memang tidak cocok denganmu hanya karena usiamu.

Selain itu dengan mencari tahu kekurangan dan kelebihanmu juga, kamu akan lebih bisa dan tahu apa yang harus kamu perbaiki dan apa yang bisa kamu tingkatkan dari diri kamu.

 2. Bagaimana kedekatan dan hubunganmu dengan keluarga dan teman-temanmu

Bagaimana kedekatan dan hubunganmu dengan keluarga dan teman-temanmu mempengaruhi tingkat keegoisan dan kepedulianmu pada orang-orang terdekatmu.

Kalau kamu merasa sudah bisa menghargai orang-orang terdekatmu, tandanya kamu juga akan lebih bisa menghargai pasanganmu nantinya.

Coba cari tahu bagaimana kedekatan dan hubunganmu dengan orang-orang terdekatmu selama ini, dengan begitu kamu juga lebih tahu apa yang akan kamu lakukan dengan pasanganmu nantinya agar hubungan kalian tetap bisa bertahan tanpa keegoisan dan ketidakpedulianmu pada pasangan.

 3. Sudah bisakah kamu membahagiakan dirimu sendiri

Kalau kamu sendiri saja belum bisa membahagiakan dirimu sendiri, maka nanti saat punya pasangan, kamu akan terus menuntut pasanganmu untuk bisa membahagiakanmu. Justru inilah yang akan membuat pasanganmu kelelahan untuk terus menuruti tuntutanmu.

Jadi pastikan kamu sudah bisa membahagiakan dirimu sendiri sebelum memutuskan untuk punya pasangan. Cari tahu apa yang bisa membuatmu bahagia dan apa yang harus kamu lakukan untuk membahagiakan dirimu sendiri.

Nikmati waktu mu sendiri dengan melakukan hobi, membiasakan diri dengan kebiasaan hidup sehat dan menyayangi dirimu sendiri.

Kamu harus bisa menciptakan bahagia mu sendiri agar nanti saat kamu punya pasangan, kamu juga lebih bisa membahagiakan pasanganmu. Karena emosi itu menular, jadi kalau kamu sendiri sudah bisa bahagia, maka pasanganpun akan selalu bahagia bersama mu.

4. Coba tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu memang sudah siap untuk memiliki pasangan

Daripada kamu memaksakan diri untuk segera punya pasangan tapi kenyataannya kamu belum siap, yang ada malah pasanganmu hanya kamu jadikan pelarian dan hanya untuk kamu jadikan status saja, lebih baik kamu tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu memang sudah siap untuk punya pasangan.

Apakah kamu memang sudah tidak punya tujuan, target dan fokus lain untuk kamu capai? Kalau kamu merasa masih punya hal lain yang lebih penting untuk kamu wujudkan dibanding hanya sekedar punya pasangan, lebih baik kamu selesaikan saja dulu tujuanmu dan targetmu itu.

Siapa tahu justru saat kamu sedang mencapai karir dan impianmu selama ini, kamu bisa bertemu dengan pasangan yang punya kesamaan passion denganmu kan?

 5. Cari tahu kriteria pasangan yang cocok dengan kepribadianmu

Mempelajari dirimu sendiri juga tentang mengenali dan memahami kepribadianmu dan pastinya mencari tahu kepribadian yang cocok denganmu.

Setelah kamu tahu kepribadian positif dan negatifmu, kamu juga akan lebih tahu kepribadian seperti apa yang akan bisa menangani dan cocok denganmu.

Dan kepribadian yang bisa menanganimu inilah yang akan kamu jadikan kriteria pasangan yang cocok denganmu. Misalnya saja kalau selama ini kamu adalah orang yang mudah emosian saat sesuatu berjalan diluar rencanamu, maka kamu akan lebih cocok dengan pria penyabar yang bisa menenangkan dirimu saat sedang emosi.

Jadi, coba cari tahu kepribadian pria seperti apa yang akan cocok dan bisa memahami kekurangan dan kelebihan dirimu.

6. Sudahkah kamu bisa membagi waktu mu

Kalau masih sendiri saja kamu tidak bisa membagi waktu mu untuk membahagiakan dirimu sendiri dan berkumpul dengan teman dan keluargamu. Apalagi nanti saat kamu punya pasangan. Kamu akan lebih sulit lagi untuk meluangkan waktu mu untuk orang-orang terdekatmu.

Jadi kalau sampai sekarang kamu masih merasa sulit untuk membagi waktu mu karena kamu terlalu sibuk mengejar karir dan meneruskan pendidikanmu, lebih baik kamu pikirkan dulu rencana mu untuk punya pasangan.

Belajarlah untuk membagi waktu mu dengan orang-orang terdekatmu sesibuk apapun kamu tetap harus punya waktu yang berkualitas dengan orang-orang yang menyanyangimu. Kalau kamu belum bisa membagi waktu mu untuk mereka, tandanya kamu masih terlalu egois dan itulah kenapa kamu masih belum mendapatkan pasangan sampai sekarang.

 7. Apakah punya pasangan memang sudah menjadi tujuan dan target hidupmu

Inilah alasan kenapa kamu belum juga punya pasangan karena kamu memang belum punya niat untuk mencari pasangan. Kamu masih menikmati kesibukan dan kesendirianmu. Kamu masih punya tujuan dan target lain yang harus kamu capai dan itu bisa kamu lakukan saat kamu masih punya kebebasan statusmu sekarang.

Lebih baik kamu selesaikan saja dulu semua urusanmu sendiri, mulai dari tujuan dan target yang ingin kamu capai agar kamu lebih bisa punya waktu untuk berbagi dengan pasanganmu.

Itulah 7 hal yang harus kamu pelajari dari diri mu sendiri sebelum memutuskan untuk punya pasangan. Setidaknya dengan bisa mengenali dirimu sendiri, kamu akan lebih bisa mengerti dan memahami kebutuhan dan keinginanmu sendiri. Kamu akan lebih tahu cara untuk membahagiakan dirimu sendiri. Dengan bisa membahagiakan dirimu sendiri inilah kamu tidak akan lagi menuntut orang lain untuk bisa membahagiakanmu.

Kalau kamu sudah bisa membahagiakan dirimu sendiri, kamu juga akan lebih bisa menghargai dirimu sendiri dan tidak akan lagi membiarkan orang lain (pasanganmu) untuk memperngaruhi emosi kamu.

Kamu akan lebih bisa bersikap tegas dan percaya diri untuk meninggalkan pasangan yang tidak bisa menghargaimu dan memperlakukanmu tidak baik.

Kamu akan menjadi wanita dewasa yang tahu pasti apa yang kamu inginkan dan butuhkan dari pria dan bagaimana kamu menjalani hubungan dengan pasanganmu. Kamu akan menyikapi semua permasalahan dalam hidup dan hubunganmu dengan cara yang dewasa.

Wanita dewasa tidak pernah membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain karena dia tahu cara untuk bersyukur dengan dirinya sendiri, menerima semua kekurangan dan kelebihan dirinya, selalu positive thinking dan bisa mengenal dirinya sendiri.

Jadikan dirimu wanita dewasa yang pasti akan mendapatkan pria dewasa yang bisa memahami dan memperlakukan mu dengan baik. Kalau kamu memang menyayangi dirimu sendiri, kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu mu untuk bersama dengan pria yang hanya ingin main-main saja denganmu, karena kamu tahu bahwa waktu mu terlalu berharga untuk hanya main-main dengan pria yang tidak menghargaimu.

Dapatkan lebih banyak rahasia untuk menjadikanmu wanita dewasa dengan download audiobook dari kami.