Penyebab Kamu Sulit Melupakan Mantan

Sesaat setelah hubunganmu berakhir pasti kamu akan menolak fakta bahwa dia bukan lagi pasanganmu. Kamu akan mulai mencari tahu apa kesalahanmu sehingga hubungan kalian bisa berakhir dan apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesalahan dan membuat mantanmu kembali.

Padahal sebenarnya kamu sudah sadar kalau hubungan kalian tidak mungkin dilanjutkan lagi, tapi kamu memaksakan diri untuk membuatnya kembali karena kamu takut kamu tidak bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi dari dia.

Selain itu juga karena kamu pasti akan sulit melupakan semua kenangan dan waktu kebersamaanmu bersama dia. Memang melupakan mantan adalah hal yang sulit, tapi hal yang sulit bukan berarti mustahil bukan?

Bahkan kamu akan melakukan usaha apapun untuk melupakan mantanmu, mulai dari memblokir dan menghapus semua kontaknya, membuang semua barang kenangan darinya, menghindari semua tempat yang pernah kamu kunjungi dengannya, bahkan mengabaikannya saat kamu tak sengaja bertemu dengannya.

Justru apa yang kamu lakukan itu menandakan kalau kamu belum siap move on dan melupakan mantanmu. Karena kamu masih merasa sakit hati saat mengingat semua kenanagan tentang mantan. Ingat, 6 fase move on ini, setelah kamu melewati 6 fase move on itu, barulah kamu bisa mencoba untuk melupakan mantanmu dan memulai hubungan baru.

Inilah faktanya: semakin kamu berusaha dan bersusah payah untuk melupakan mantanmu, semakin kamu akan terus mengingatnya. Dan itulah yang selama ini mempersulitmu melupakan mantanmu. Jadi apa yang harus kamu lakukan untuk melupakannya. Berhenti mengusahakan cara untuk melupakannya.

Kamu hanya harus kembali ke kehidupan normal mu seperti biasanya sebelum ada dirinya. Lakukan lagi semua keseharian dan kesibukanmu saat masih single dulu. Kesibukan inilah yang akan mengalihkanmu saat kamu mulai mengingat mantanmu. Mungkin kamu akan menolak, memang gampang memberi nasihat, tapi pasti susah melakukan. Lebih baik kamu coba dulu sebelum menolaknya.

Kamu masih saja sering mengingat mantan bisa jadi karena kamu tidak punya kesibukan produktif yang bisa kamu lakukan, kamu sering menghabiskan waktu mu sendiri, kamu menutup diri dan membatasi sosialisasimu. Itulah yang menyebabkanmu terus teringat dengan mantanmu.

Dan kesalahan lain kenapa kamu sulit melupakan mantan, karena kamu sudah terlalu mengandalkannya dan menggantungkan kebahagiaanmu padanya saat kalian masih bersama. Hidupmu hanya ada dia dia dan dia. Sehingga saat dia pergi, kebahagiaanmu pun ikut pergi.

Jadi mulai sekarang, jangan lagi terlalu bergantung pada pasangan dan mengandalkan pasangan untuk bisa membahagiakanmu. Kamu tetap harus bisa membahagiakan dirimu sendiri.

Lakukan semua kegiatan yang kamu suka, melakukan hobimu, bersosialisasi dengan teman-teman komunitasmu, travelling dengan teman kerja mu atau berkumpul dengan keluarga mu.

Kamu harus tetap bisa menjalani kehidupanmu sebagai individu yang bebas saat kamu punya pasangan. Sehingga kamu tidak akan terus menghabiskan keseharianmu bersama pasangan dan bergantung padanya.

Dengan begitu, saat kamu sudah tidak bersama dengannya, kamu masih tetap bisa bahagia dengan cara mu sendiri. Kamu akan lebih mudah melupakannya karena kamu punya kesibukan untuk membahagiakan dirimu sendiri dengan cara mu.

Kalau sampai saat ini kamu masih merasa sulit melupakan mantanmu, karena kamu memang belum yakin untuk melupakannya. Kalau kamu sendiri saja belum bisa meyakinkan dirimu untuk move on dan melupakan mantanmu, maka orang lain pun tidak akan pernah bisa meyakinkanmu.

Percuma saja semua nasihat dari orang-orang disekitarmu untuk membuatmu move on dan melupakan mantanmu, kalau kamu sendiri belum memutuskan untuk move on dan belum bisa meyakinkan diri kalau kamu harus move on.