8 Kunci Sukses Hubungan LDR Yang Harus Kamu Lakukan

Punya pasangan yang selalu ada untukmu dan didekatmu saja pasti ada kesulitan dan konflik tersendiri, apalagi dengan LDR? Pastinya kalian butuh usaha yang ekstra agar bisa sukses menjalani hubungan LDR. Mau tidak mau keadaan memaksa kalian untuk berjauhan karena kalian memang punya passion yang harus kalian wujudkan sendiri. Justru saat kalian masih bisa saling mendukung dan percaya pada pasangan, LDR bukanlah hal yang sulit.

Mungkin kamu berpikir agar LDR kalian bisa sukses kamu harus selalu memantau pasangan dengan selalu menghubunginya, video call, mengunjunginya atau bahkan kamu selalu membuat laporan kegiatanmu seharian padanya?

Bukankah justru itu akan membuatmu kelelahan sendiri dan lama-lama kamu pun jenuh dengan kegiatan yang hanya berisi laporan itu. Tapi kalau kamu bisa lakukan 8 hal ini, kamu tidak perlu lagi bersusah payah agar LDR kalian bisa sukses:

1. Nikmati dan manfaatkan waktu bertemu sebaik mungkin, jangan memaksakan diri untuk merencanakan kencan yang berkesan

Saat kalian punya waktu untuk bertemu kalian hanya perlu menikmati dan manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk punya quality time dengan berbagai perencaan kencan yang berkesan, meskipun hanya bermalas-malasan dan mager berdua pun tidak masalah, yang penting adalah kebersamaan kalian.

Kamu tidak perlu merencanakan kencan romantis hanya karena kalian tidak pernah bertemu. Bukankah hanya dengan bisa bertemu pasangan saja sudah merupakan kebahagiaan yang kamu nantikan selama ini? Jadi daripada kamu stress merencanakan kencan romantis yang sempurna, kamu hanya harus menikmati kehadiran pasangan satu sama lain.

2. Cari tahu hal-hal kecil yang bisa membahagiakan pasanganmu

Meskipun kalian tidak bisa selalu bertemu, kamu bisa menunjukan kehadiran mu melalui hadiah kecil yang bisa kamu kirimkan pada pasangan. Berikan kejutan pada pasangan melalui hadiah kecil yang bisa membahagiakan pasangan untuk menunjukkan kehadiran mu dan mengingatkan pada pasangan kalau kamu selalu ada untuk mendukungnya, meskipun jarak memisahkan kalian.

Caranya cari tahu hal-hal kecil atau sederhana yang bisa membuat pasangan kalian bahagia, misalnya saja apa yang biasanya dia lakukan untuk bahagia? Musik atau film apa yang dia sukai atau benda apa yang sedang dia butuhkan saat ini?

Dan saat pasangan sedang mengalami masa sulit, lelah, jenuh dan stress dengan semua kesibukan dan rutinitasnya, kamu bisa kirimkan hal-hal kecil yang bisa membuatnya kembali bahagia lagi. Mudah bukan?

 3. Berhenti berpikiran dan berasumsi negatif pada pasangan

LDR akan sangat sulit bertahan kalau kalian tidak bisa memberikan kepercayaan pada pasangan kalian, terus-menerus curiga, berpikiran dan berasumsi negatif. Hal tersebut justru hanya akan mempersulit hubungan kalian untuk bisa bertahan. Dengan semua drama ketakutan dan kecurigaanmu pada pasangan inilah yang membuat hubungan kalian tidak pernah jauh dari konflik.

Dibanding kamu terus curiga dan tidak bisa percaya pada pasangan, lebih baik kamu belajar untuk selalu mengkomunikasikan pada pasangan apa yang sebenarnya kamu butuhkan dan apa yang sedang mengganggu pikiran mu tentang pasanagan.

Tanyakan dan katakan langsung pada pasangan, karena pasangan bukanlah pembaca pikiran yang tahu apa yang sedang menganggu pikiran mu saat ini dan apa yang kamu inginkan dari pasanganmu untuk lakukan.

4. Mengertilah bahwa perbedaan waktu dan jarak membuat perbedaan kesibukan kalian

Kalian harus bisa mengerti bahwa perbedaan jarak bahkan waktu membuat kamu dan pasangan punya kesibukan dan kegiatan yang berbeda. Kamu harus bisa mengerti kapan kamu bisa menghubungi pasangan agar tidak menganggu kesibukannya dan kapan pasangan bisa menghubungimu.

Buat kesepakatan waktu tertentu kalian bisa saling ngobrol lewat telpon maupun video call untuk memberi tahu kabar masing-masing tanpa menganggu kesibukan dan pekerjaan pasangan. Kalian bisa manfaatkan waktu tersebut untuk saling menghibur diri kalian dan memberi semangat dan motivasi pada pasangan kalian untuk menjalani kegiatannya besok.

 5. Jangan pernah menyamakan hubungan kalian dengan hubungan pasangan lain

Jangan hanya karena kamu terpengaruh dengan hubungan orang lain yang terlihat sangat manis karena bisa selalu menghabiskan waktu bersama, bahkan selalu membuatmu iri dengan kemesraan yang mereka pamerkan sehingga membuatmu memaksa pasangan untuk segera mengunjungi mu dan melakukan hal yang sama.

Setiap hubungan pasti punya sisi positif dan negatifnya. Belum tentu pasangan yang bisa bertemu setiap hari terbebas dari konflik. Justru bersyukurlah kalau kalian tidak bisa sering bertemu karena kalian akan saling merindukan.

Kamu hanya perlu menyadari bahwa waktu yang kalian miliki saat bertemu sangatlah berharga dan tidak perlu lagi membandingkan hubunganmu dengan pasangan yang selalu bisa bertemu.

6. Kalian tetap harus punya kesibukan untuk membahagiakan diri kalian sendiri

Terkadang kesibukan pasangan membuatnya lupa untuk selalu mengabari mu dan berkomunikasi denganmu. Daripada kamu dibuat galau menunggu kabar darinya, kamu harus punya kesibukan sendiri untuk bisa membahagiakan diri mu sendiri. Kamu harus bisa mengalihkan kegalauanmu menunggu kabar darinya dengan mencari kesibukan yang bisa membuatmu bahagia.

Kamu tetap harus bisa menikmati waktu mu sendiri dan melakukan kesibukanmu. Jalan dan hangout bareng dengan teman-temanmu, nonton dan nongkrong.

Membahagiakan dirimu sendiri adalah salah satu cara untuk menghargai dirimu sendiri. Pasangan pasti juga sedang melakukan hal yang sama disana. Dengan begitu kalian juga akan punya banyak cerita untuk kalian ceritakan saat bertemu atau berkomunikasi.

 7. Cari tahu komunikasi cerdas yang bisa membuat kalian nyaman

Salah satu kiat sukses LDR adalah sanggup melakukan komunikasi yang cerdas dengan pasangan. Tidak semua orang betah ngobrol lama dengan telpon maupun video call. Kamu dan pasangan harus bisa menemukan cara komunikasi cerdas yang paling membuat kalian nyaman.

Cari tahu komunikasi yang membuat kalian tidak bosan untuk melakukannya. Misalnya saja kamu menghiburnya dengan meme-meme lucu di internet untuk menunjukkan rasa kangenmu, mengirim poto atau video kegiatan mu hari ini atau mengirimu video motivasi dan menyemangatinya atau bahkan kalian bisa mencoba saling mengirim surat.

 8. Jadikan kunjungan ke kota pasangan sebagai liburan yang menyenangkan bagimu

Momen bertemu pasangan adalah momen paling membahagiakan bagi pasangan LDR. Kalau kamu punya waktu untuk mengunjungi pasangan, kamu bisa menikmati perjalananmu ini sebagai liburan yang menyenangkan.

Agar liburanmu bisa menyenangkan, kamu harus membuat perencanaan liburan. Tempat yang ingin kalian kunjungi dan apa saja yang akan kalian lakukan untuk berlibur.

Kalian bisa mengeksplor kota kalian bersama dan mencoba pengalaman baru disana. Kamu bisa menjadikan pasangan sebagai pemandu liburanmu meskipun dia tidak tahu banyak hal dari kota yang dia tinggali, justru inilah yang seru, kalian bisa melakukan kegilaan bersama saat kalian sama-sama tidak tahu kota yang sedang kalian eksplor.

Baik itu LDR maupun hubungan yang selalu bisa bertemu setiap hari pasti punya masalah dan konflik, tapi semua itu tergantung bagaimana cara kalian menyelesaikan dan menyikapi masalah dan konflik dalam hubungan kalian. Apakah kalian bisa menjadikan masalah tersebut sebagai penguat hubungan kalian atau malah sebaliknya, penghancur hubungan kalian.

Yang paling utama dalam LDR adalah komunikasi yang cerdas dengan pasangan. Sesibuk-sibuknya kalian, kalian harus punya kesepakatan untuk selalu memberi kabar pada waktu-waktu tertentu meskipun hanya sekedar pesan singkat dan mengatakan pada pasangan “I love you” atau “I miss you” itu saja sudah cukup untuk bisa menenangkan pasangan dan membuatnya percaya padamu.

Bedanya LDR dengan hubungan biasa yang selalu berdekatan adalah pasangan yang bisa sukses LDR adalah pasangan dewasa yang cerdas dalam mengelola konflik dalam hubungan dan tahu cara terbaik untuk menyikapi setiap permasalahan dalam hubungannya. Kalau kamu adalah pasangan yang sedang LDR sekarang, usaha apa yang sudah kamu lakukan agar LDR kamu sukses?

Selain komunikasi, hal utama lain agar LDR kamu sukses adalah kepercayaan. Karena dengan kepercayaan inilah yang akan menghindarkan pikiran dan asumsi negatif pada pasangan kalian. Bagaimana caranya memberikan kepercayaan pada pasangan?

Kalau kamu adalah pria yang bisa percaya pada kemampuan dan kelebihanmu, kamu pasti bisa percaya pada pasanganmu kalau dia tidak akan mengkhianatimu.

Jadikan dirimu wanita yang percaya diri yang mampu memberikan kepercayaan pada pasangan kalian sehinngga hubungan LDR kalian bisa bertahan dan langgeng karena kestabilan emosi kalian yang menjalani hubungan dengan dewasa.

Kamu bisa dapatkan audiobook gratis dari kami untuk menjadikan mu wanita yang percaya diri dengan klik download disini. Jadilah wanita percaya diri yang attractive dan punya daya tarik untuk didekati banyak pria dan punya kualitas karakter yang diinginkan banyak pria darimu