8 Pelajaran Berharga Yang Kamu Dapatkan Setelah Salah Memilih Pasangan

Terkadang menjalani hubungan dengan orang yang tidak tepat hanya membuang waktumu saja dan hanya kerugian yang kamu dapatkan. Padahal kalau kamu bisa lebih bijak menyikapi setiap permasalahan dalam hidupmu, kamu pasti akan selalu mendapatkan pelajaran berharga dari setiap masalahmu, termasuk dari rasa sakit hatimu.

Tapi saat kamu menyadari kalau kamu sedang bersama dengan pasangan yang tidak tepat, kamu juga harus berani untuk tegas meninggalkannya demi kebaikan dirimu sendiri. Kamu tetap harus bisa memprioritaskan kebahagiaan mu dibanding hubungan yang memang tidak seharusnya kamu pertahankan.

Tenang saja, justru dengan kegagalanmu mempertahankan hubungan dengan pasangan yang salah ini, kamu bisa mendapatkan 8 pelajaran berharga ini:

1. Kamu lebih bisa memilih pasangan tidak hanya dari fisiknya tapi sikap dan karakternyalah yang utama

Selama ini kamu sering salah memilih pasangan karena hanya berpedoman pada penampilan fisiknya, terutama ketampanan dan bentuk tubuhnya. Saat ada pria dengan bentuk tubuh proporional dan tampan, kamu pasti tidak akan berpikir panjang untuk menerima ajakan kencan bahkan menjadikannya pasangan tanpa peduli dengan sikap dan karakternya saat bersama mu.

Kamu merasa kalau kamu bisa mendapatkannya, kamu bisa pamerkan dia pada teman-temanmu dan dia bisa membuatmu bangga karena kamu memilikinya sampai kamu lupa dan mengabaikan sikap buruknya padamu.

Sikap buruknya mungkin dia sering berbohong padamu, bersikap kasar padamu, selalu membatasi dan mengekangmu, tidak peduli dan mendukungmu, bahkan sering mengabaikan dan tidak punya inisitiatif untuk menghubungi dan mengabarimu dulu.

Tapi setelah kamu sadar dengan sikap buruknya, berani menjauhi dan meninggalkannya, kamu pasti akan mendapatkan pelajaran berharga untuk tidak lagi memilih pria hanya dari penampilan fisiknya saja, tapi juga dari caranya memperlakukanmu dan karakternya yang memang cocok dan bisa melengkapi karaktermu.

2. Kamu tidak akan lagi menjadikan kemapanan sebagai standart utama, tapi pria yang tetap bisa membagi waktu dan kepeduliaannya padamu lah yang bisa membahagiakanmu

Kamu salah memilih pasangan yang hanya mapan saja tapi karena kemapanannya itulah dia sibuk dengan dunianya sendiri bahkan tidak bisa membagi waktu untuk pekerjaan dan menikmati waktu bersamamu.

Saat kamu bersamanya, dia selalu sibuk dengan pekerjaan dan smartphonenya, secara tidak langsung juga dia tidak peduli denganmu dan tidak akan pernah bisa menjadi pendengar yang baik untukmu.

Padahal untuk mempertahankan hubungan, kalian harus punya quality time untuk bisa saling mendengarkan dan mendukung pasangan.

Tapi kalau kamu selalu bersama pasangan yang tidak bisa membagi waktunya dan selalu disibukkan dengan dunianya sendiri tanpa pernah peduli dengan kehidupanmu, kamu akan lelah sendiri berusaha  untuk selalu berkontribusi pada hidupnya tapi dia tidak pernah melakukan hal yang sama untukmu.

 3. Kamu lebih bisa membedakan mana pria yang punya komitmen serius dengan kedewasaannya menjalani hubungan dan mana yang hanya ingin main-main

Pria yang punya komitmen serius pasti tahu cara memperlakukanmu dengan baik, menghargaimu dan selalu punya cara dan alasan untuk mempertahankan hubungan kalian sesulit apapun permasalahan yang terjadi dalam hubungan kalian.

Selama ini kamu salah memilih pasangan karena kamu belum bisa membedakan pria yang memang punya niat mengajakmu menjalani hubungan serius dan pria yang hanya ingin main-main saja denganmu. Itu terjadi karena kamu tidak punya standart dan kriteria pria seperti apa yang kamu inginkan, yang memang cocok dengan kepribadianmu dan bisa melengkapi kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

4. Kamu akan lebih tahu kriteria dan standart pria yang memang cocok untukmu

Sudah pasti setelah kamu bersama dengan pasangan yang tidak tepat, kamu akan lebih tahu dan punya standart dan kriteria pria yang memang cocok untukmu.

Kamu akan menghindari pria yang punya sifat seperti mantanmu dan mencari pria yang memang sesuai dengan keinginamu baik dari segi fisik maupun kepribadian.

Dengan begitu kamu juga lebih bisa menghindari pria yang tidak bisa memperlakukanmu dengan baik, pria yang tidak bisa menerima mu apa adanya dan pria yang memang karakternya bertolak belakang denganmu, pria yang tidak bisa menjadikan mu wanita yang lebih baik lagi saat bersamanya.

5. Kamu tidak lagi dibutakan oleh ekspektasi pada pasangan, karena kenyataannya memang pasangan tidak bisa berubah sesuai dengan keinginanmu

Kesalahanmu memilih pasangan selama ini karena kamu selalu dibutakan oleh ekpektasimu sendiri. Kamu menginginkan pasangan berubah menjadi seperti yang kamu inginkan. Padahal kenyataannya pasangan tidak akan pernah bisa berubah karena keinginanmu.

Ini terjadi karena sejak awal kamu menerimanya, kamu berniat untuk merubahnya menjadi sesuai dengan keinginanmu. Hal ini terjadi karena kualitas yang kamu inginkan dari pasangan tidak kamu dapatkan darinya. Kamu sedang bersama pria yang kualitasnya tidak sebanding dengan dirimu.

6. Kamu tidak lagi gegabah mengambil keputusan untuk menerima gebetan yang baru saja kamu kenal sebelum kamu benar-benar mengenalnya lebih jauh lagi

Salah memilih pasangan juga karena kamu terlalu gegabah menerima gebetan yang belum kamu kenal dengan baik. Kamu belum terlalu mengenalnya tapi kamu sudah menerimanya karena kamu takut kalau kamu kehilangan dia kalau kamu tidak segera menerimanya.

Tapi setelah ini, kamu pasti akan berpikir ulang untuk menerima gebetan yang belum kamu kenal dengan baik. Kamu akan memberikan waktu untuk dirimu sendiri mengenal dia lebih jauh lagi. Mulai dari sikap, pekerjaan, lingkungan dan kebiasaan-kebiasaannya agar tidak lagi salah memilih pasangan.

 7. Kamu bisa menentukan mana pria dewasa yang selalu bisa mendukungmu dan mana pria bocah yang hanya bisa menuntut dan membatasimu

Kamu juga akan lebih sadar membedakan mana pria dewasa yang selalu bisa memberikan dukungan padamu untuk lebih maju dalam karir, pendidikan bahkan kepribadianmu dan mana pria bocah yang hanya bisa menuntut dan membatasimu.

Kamu tidak akan lagi salah memilih pasangan bocah yang selama ini merasa minder dengan dirinya sendiri sehingga selalu cemburu padamu. Dengan kecemburuan inilah yang membuatnya selalu membatasi dan mengekangmu untuk mencapai impian dan harapanmu.

8. Kamu belajar dari pengalamanmu salah memilih pasangan, apa saja yang harus kamu hindari agar tidak lagi salah dalam memilih pasangan lagi

Setelah kamu mengakhiri hubunganmu dengan pasangan yang salah ini, kamu akan lebih tahu pasangan seperti apa yang benar-benar bisa mengerti dan memahami mu nantinya. Kamu juga lebih bisa menghindari pria seperti apa yang tidak tepat untukmu.

Pengalamanmu inilah yang akan membantumu untuk menentukan pasangan yang tepat dan terbaik untukmu ke depannya. Kamu akan lebih sadar untuk tidak memaksakan dirimu menerima pria yang memang tidak cocok denganmu secara fisik maupun karakter hanya karena dia tampan dan mapan.

Semakin kamu menyalahkan mantanmu karena berakhirnya hubungan kalian, kamu akan semakin sulit melupakannya. Karena semakin keras usahamu untuk melupakan mantanmu, semakin kamu akan mengingatnya juga.

Setidaknya kamu bisa menjadikan kesalahanmu memilih pasangan sekarang adalah pelajaran berharga agar kamu bisa mendapatkan pasangan yang tepat nantinya.

Asal kamu bisa introspeksi dan evaluasi kesalahan yang kamu lakukan saat salah memilih pasangan, kamu pasti bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi nantinya. Pasangan yang bisa memperlakukanmu dengan baik, pasangan yang sesuai dengan yang kamu harapkan, pasangan yang punya kualitas yang sama denganmu.

Pasangan yang tidak tepat selama ini bisa jadi karena kamu bersama pasangan yang kualitasnya tidak sebanding dengan kualitasmu, sehingga bisa jadi kamu merendahkan dirimu agar bisa sebanding dengannya atau malah kamu memaksakan dirimu menuruti semua ekspektasinya yang tidak bisa kamu lakukan.

Pasangan yang kualitasnya berada diatasmu akan memaksamu untuk berubah menjadi seperti yang diinginkan, termasuk dengan bersikap buruk dan kasar padamu agar kamu bisa sebanding dengan dirinya.

Sebaliknya bersama dengan pasangan yang kualitasnya berada dibawahmu membuatmu selalu berekspektasi yang berlebih padanya dan kamu akan selalu dikecewakan dengan ekspektasi yang kamu buat sendiri itu.

Itulah kenapa sebelum kamu memutuskan memilih pasangan yang mana dan seperti apa yang tepat dan terbaik untukmu, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menerimanya.

Apakah dia memang pria yang kamu inginkan, sesuai dengan standart dan kriteria yang kamu buat, baik dari segi fisik maupun karakternya, apakah dia pria yang bisa menghormati dan menghargaimu, apakah dia pria dewasa yang bisa bertanggungjawab dengan hubungan yang kamu jalani dan apakah darinya kamu bisa belajar banya hal dan menjadikan mu pribadi yang lebih baik lagi.

Setelah kamu buat pertimbangan itu baru kamu akan lebih sadar pasangan seperti apa yang memang kamu inginkan dan butuhkan. Bersama pasangan yang tidak tepat sama saja kamu sudah mempertaruhkan kebahagiaan masa depanmu.

Kalau kamu masih saja memilih bertahan dengan pasangan yang tidak tepat hanya karena kamu sudah menjalin hubungan yang cukup lama dengannya tandanya kamu tidak berani tegas memperjuangkan kebahagiaan masa depanmu.

Jadi sebelum terlambat dan makin lama kamu membuang waktu mu bersama dengannya lebih baik kamu tegaskan pada dirimu untuk berani menjauhi dan meninggalkannya.

Ingat, kamu tetap harus bisa memprioritaskan kebahagiaan dan dirimu sendiri. Karena dari caramu membahagiakan dirimu sendiri inilah, kamu lebih bisa membuat dirimu bahagia dalam hubungan nanti.

Kalau dari awal saja kamu tidak bisa menyayangi dan membahagiakan dirimu sendiri, pantas saja kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan kebahagiaan dari hubungan yang kamu jalani.

Siklusnya seperti ini: saat kamu bisa menyayangi dan membahagiakan dirimu sendiri, kamu pasti akan lebih bisa menghargai dirimu sendiri.

Saat kamu sudah menghargai dirimu sendiri inilah, kamu akan punya ketegasan dan keberanian untuk meninggalkan pasangan yang tidak bisa menghargaimu.

Dengan begitu kamu tidak akan lagi salah dalam memilih pasangan, karena kamu tahu mana pria yang bisa menghargaimu dan mana pria yang tidak bisa menghargaimu.

Kamu bisa dapatkan lebih banyak cara dan tips untuk mempertahankan hubunganmu, mengerti lebih jauh tentang hubungan, cinta dan pria dengan download audiobook dari kami dengan cara klik disini.