8 Standar Dalam Hubungan Yang Harus Kamu Dan Pasanganmu Miliki Dan Patuhi

Standar dalam hubungan adalah ukuran atau aturan yang harus setiap pasangan miliki dan patuhi, karena dengan begitu, hubungan kalian punya standar tertentu bagaimana untuk memperlakukan satu sama lain agar tidak terjadi kesalahpahaman maupun hal yang tidak kalian inginkan dari pasangan kalian.

Karena saat kamu sudah terlalu jauh menjalani hubungan dengan seorang pria dan sudah terlanjur mencintainya, kamu akan cenderung mengabaikan sikap-sikap yang seharunya tidak dia lakukan. Itu karena kamu tidak punya standar dalam hubungan sejak awal hubungan kalian.

Standar dalam hubungan harus kalian sepakati sejak awal kalian berkomitmen untuk menjalin hubungan. Gunanya tentu untuk mempunyai batasan-batasan tertentu apa yang kalian inginkan dan apa yang tidak seharusnya kalian lakukan pada pasangan.

Saya yakin, setiap pasangan punya standar dalam hubungan yang berbeda tergantung pada sifat dan kebutuhan masing-masing pasangan, tapi untuk 8 standar dalam hubungan ini, kamu tidak boleh untuk memberi toleransi sedikitpun.

Kalian harus memasukkan 8 standar dalam hubungan ini agar hubungan kalian bisa memperlakukan pasangan kalian sesuai apa yang mereka mau dan kalian juga mendapatkan perlakuan sesuai apa yang kalian mau.

1. Jujur Tentang Apapun Yang Kalian Lakukan

Apapun yang terjadi, jangan sampai kamu tidak jujur pada pasangan mu. Apapun alasannya jangan sampai kamu berbohong hanya demi kebaikan atau agar tidak melukai perasaan pasangan mu.

Sekecil apapun kebohongan yang kamu lakukan, nantinya akan berdampak besar pada hubungan kalian kalau pasangan kalian mengetahuinya.

Meski kejujuran mu menyakitkan akan lebih baik untuk hubungan kalian karena tandanya kalian bisa bertanggungjawab dengan apa yang sudah kalian lakukan dan konflik dalam hubungan kalian juga lebih cepat dan mudah terselesaikan tanpa harus menunggu kebohongan mu terbongkar.

 2. Jangan Tolerir Kekerasan Apapun, Baik Secara Fisik Maupun Emosional

Jangan pernah memberi toleransi sedikitpun pada kekerasan fisik maupun emosional yang pasangan mu lakukan.

Saat pasangan mu sudah berani memukul atau menamparmu, mengontrol dan mengendalikan kehidupanmu, tidak menghargai mu atau bahkan mengancam mu, itu adalah tanda kamu harus meninggalkannya, tidak peduli berapa lama kamu menjalin hubungan dengannya.

Kekerasan dalam bentuk fisik maupun emosional dalam hubungan adalah hal yang tidak bisa kamu toleransi.

3. Tidak Bisa Menghargai Peran Masing-Masing

Sejak awal hubungan kalian, kalian harus membagi peran kalian masing-masing dengan jelas. Jangan sampai pasangan mu memaksa mu untuk melakukan peran yang harusnya dia lakukan.

Hubungan bisa terus berjalan karena kerjasama antara dua orang yang saling mengerti dan membagi perannya masing-masing.

Misalnya saja dalam rumah tangga nanti, wanita memang berperan untuk melakukan semua pekerjaan rumah dan melayani suami, tapi untuk peran membayar tagihan listrik atau apapun itu kalau harus kamu juga yang melakukannya bukankah itu tidak adil.

Hubungan yang sehat tahu perannya masing-masing, saling membantu dan membagi tanggungjawab bersama, bukannya memaksa salah satu pihak untuk melakukan kewajiban pasangan.

4. Memberi Ancaman

Saat terjadi konflik dan permasalahan, tugas kalian adalah berdiskusi untuk mencari solusi terbaik. Dan solusi terbaik itu didapatkan dari penyatuan 2 pendapat yang berbeda.

Tapi saat pasangan sudah mengabaikan pendapatmu dan mau menang sendiri dengan selalu mengancam mu kalau kamu tidak mau sependapat dengannya, tandanya dia bukanlah orang yang tepat untuk kamu pertahankan.

Ancaman hanya akan membuat kalian melakukan sesuatu karena paksaan, bukan niat tulus kalian. Dan hubungan atas dasar paksaan bukanlah hubungan sehat yang harus kamu pertahankan.

5. Tidak Punya Waktu Untuk Berdiskusi Dan Menyelesaikan Masalah Bersama

Berdiskusi adalah tentang waktu dan komunikasi yang kalian habiskan bersama untuk lebih saling memahami dan menyelesaikan setiap permasalahan dalam hubungan kalian.

Kalau pasangan sudah mulai sulit untuk diajak berdiskusi dan berkomunikasi untuk menyelesaikan permasalahan kalian, tandanya dia sudah tidak menghargai dan menghiraukan perasaanmu.

Dia sudah tidak peduli dengan permasalahan kalian, lalu untuk apa kamu terus menjalani hubungan dengan permasalahan yang tidak mungkin kamu selesaikan sendiri?

6. Tidak Peduli Dengan Kemajuan Karir dan Impianmu

Untuk apa kamu punya pasangan yang tidak pernah peduli dan mendukung mu mencapai karir dan impian mu? Bukankah tujuan mu menjalin hubungan dengannya adalah untuk saling mendukung dalam pencapaian karir dan impian kalian?

Saat pasangan sudah mulai mengabaikan atau bahkan meremehkan impian mu, tandanya dia tidak pantas untuk kamu pertahankan.

7. Tidak Ada Toleransi Untuk Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah bentuk pengkhianatan terbesar dalam sebuah hubungan. Perselingkuhan adalah pelarian orang yang tidak bisa menyelesaikan konflik dalam hubungannya dengan cara yang cerdas.

Kalau sejak awal hubungan kalian sudah membuat kesepakatan untuk saling jujur dan mendiskusikan setiap permasalahan yang terjadi dengan komunikasi yang baik, kalian pasti akan selalu menyelesaikan permasalahan dalam hubungan kalian dengan cara yang cerdas, bukannya dengan mencari pelampiasan dan perselingkuhan.

Perselingkuhan yang sering terjadi selama ini sering disebabkan oleh faktor internal dari diri kalian masing-masing yang tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dan untuk saling jujur dengan apa yang kalian rasakan dan apa yang kalian inginkan dari pasangan.

Jangan pernah memberikan toleransi sedikitpun dengan pasangan yang sudah berani mengkhianatimu, karena dengan toleransi mu itu, tanpa dia sadari, dia juga akan terus melakukan hal yang sama.

8. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Pasangan yang sering marah-marah tanpa alasan yang jelas atau bahkan sering menyalahkan mu adalah orang egois yang tidak bisa mengontrol emosi dan tidak pantas untuk kamu pertahankan.

Karena saat dia tidak bisa mengontrol emosinya sendiri, tanpa dia sadari, dia akan terus-menerus menyakitimu dengan terus melampiaskan kemarahannya padamu. Dan konsekuensinya kalau kamu memberinya toleransi dan memaksa bertahan dengannya, kamu hanya akan stress berkepanjangan dan takut untuk membela diri.

Karena pasangan yang tidak bisa mengontrol emosinya juga akan cenderung melakukan kekerasan saat kamu berusaha untuk membela diri atau bahkan menyadarkankan kesalahannya.

Kamu harus tegas untuk berani mengambil sikap saat pasangan selalu menyalahkanmu dan tidak bisa mengendalikan emosinya untuk meninggalkannya.

Dengan punya 8 standar dalam hubungan tersebut, kamu lebih bisa mendapatkan perlakuan dan memperlakukan pasangan kalian sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Jangan hanya menjalani hubungan yang sudah tidak bisa kamu pertahankan karena kamu berpikir kamu sudah terlalu banyak berkorban dan berinvestasi untuknya, jangan terus mempertahankan hubungan karena kamu tidak ingin dinilai buruk oleh lingkungan mu karena kamu sudah pacaran lama dengannya, kamu tetap harus memperhatikan 8 standar dalam hubungan tersebut dan saat salah satu sudah dilanggar oleh pasangan mu, kamu harus punya keberanian untuk meninggalkannya.

Karena untuk apa kamu bertahan dalam hubungan kalau kamu tidak bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan darinya?

Kamu berhak mendapatkan kebahagiaan baru dengan pria yang lebih baik dan bisa memperlakukan mu sesuai dengan apa yang kamu inginkan darinya, tentunya dengan membuat 8 standar dalam hubungan yang harus kalian patuhi itu.

Sebelum berkomitmen untuk menjalin hubungan, lebih baik kamu melatih emosionalmu agar nanti kamu tidak mudah terpancing emosi saat terjadi konflik dengan pasangan mu. Kamu bisa lakukan 6 hal ini agar punya kecerdasan emosional.