Yakin Kamu Sudah Move On? 6 Tanda Inilah Yang Membuktikan Kalau Kamu Memang Sudah Move On Dari Mantan

Move on memang bukan hal yang mudah untuk beberapa orang. Pasti membutuhkan proses panjang dan perjuangan yang tidak mudah untuk meninggalkan dan melupakan kenangan indah di masa lalu bersama orang yang kita sayangi. Tapi tidak mudah bukan berarti tidak bisa kan?

Saat kamu memutuskan untuk move on pasti kamu akan bertanya-tanya apa yang harus kamu lakukan agar bisa move on, kapan waktu yang tepat untuk move on dan hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa mengalihkan pikiranmu dari mantan. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu benar-benar bisa move on dan membuka hubungan baru.

Kamu masih tidak yakin apakah sekarang kamu sudah benar-benar move on dan melupakan mantan atau belum? Tapi tenang saja, berikut adalah 6 tanda yang menunjukkan kalau kamu memang sudah benar-benar move on:

1. Kamu sudah bisa tersenyum dengan tulus

Saat kamu masih merasakan sakit hati, kamu tidak mungkin membohongi dirimu sendiri dengan senyuman palsu tapi kamu pasti akan memilih untuk menangis ataupun marah. Pasti sangat sulit untuk benar-benar tersenyum saat kamu menghadapi masa-masa yang berat.

Tapi kalau saat ini kamu merasa sudah benar-benar bisa tersenyum tulus tanpa paksaan dan kepura-puraan, tandanya kamu memang sudah move on dari mantan. Itu terjadi karena kamu sudah bisa berdamai dengan rasa sakit hatimu dan bisa memaafkan dirimu sendiri.

Kamu mulai menyadari bahwa kamu lebih bahagia setelah putus darinya. Lebih baik kamu move on daripada bertahan dalam hubungan yang tidak sehat.

 2. Kamu tidak menyalahkan orang lain lagi

Saat kamu masih berusaha untuk move on, kamu masih dalam kondisi labil sehingga kamu lebih mudah tersinggung dan menyalahkan orang lain daripada mengakui kesalahanmu dan introspeksi diri. Kelabilanmu emosimu inilah yang membuatmu mudah marah-marah dan sensitif sehingga kamu tidak sadar dengan kesalahan yang kamu lakukan malah menyalahkan orang lain.

Tapi kalau kamu sudah mulai bisa melakukan evalusi dan introspeksi diri dengan apa yang kamu lakukan, tandanya kamu sudah move on. Kamu sudah bisa mempertanggungjawabkan apa yang kamu lakukan dan berani mengakui kesalahanmu.

 3. Kamu sudah bersemangat lagi menjalani kesibukan dan hari-harimu

Biasanya saat kamu baru putus, kamu akan kehilangan semangat dan gairah mu untuk menjalani hari-hari mu karena kamu masih mengingat mantanmu yang dulunya selalu ada untukmu tapi tiba-tiba dia sudah tidak ada lagi denganmu. Ada kekosongan yang kamu rasakan sehingga kamu merasa tidak bersemangat menjalani kesibukan dan hari-hari mu.

Setelah kamu benar-benar move on, kamu akan kembali ke kehidupanmu yang dulu tanpa mantanmu, kamu sudah kembali semangat lagi menjalani kesibukan dan hari-harimu.

Kamu lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dan menyenangkan. Saat kamu sudah bisa kembali fokus lagi untuk melanjutkan impian yang sempat tertunda dulu, itulah tandanya kamu sudah benar-benar move on.

4. Kamu punya impian dan tujuan hidup yang baru

Saat kamu sudah benar-benar move on, kamu menemukan dan melanjutkan lagi impian dan tujuan hidupmu yang sempat terbengkalai saat kamu patah hati. Kamu mulai merencanakan lagi cara untuk mencapai impian dan tujuan hidup mu yang baru.

Berbeda saat kamu masih patah hati, kamu pasti tidak punya semangat untuk mencapai impianmu bahkan melupakan tujuan hidupmu karena kamu merasa hidupmu sudah tidak ada artinya lagi tanpa pasanganmu. Padahal itu hanya untuk sementara waktu saat kamu berusaha menghilangkan kebiasaanmu bergantung pada pasangan.

 5. Lebih semangat saat bangun tidur untuk memulai hari baru

Saat baru putus kamu pasti akan kehilangan semangat untuk bangun pagi karena sudah tidak ada lagi sapaan selamat pagi dan ucapan semangat dari pasangan. Kamu seperti kehilangan gairah hidup menghadapi kenyataan bahwa kamu sudah jomblo lagi dan kehilangan pasanganmu.

Tapi kalau saat ini kamu sudah berhasil menghilangkan semua drama yang membuatmu tidak semangat bangun tidur tandanya kamu sudah move on.

Kamu sudah bisa semangat lagi saat bangun tidur dan mulai merasa bergairah lagi untuk mencapai cita-cita dan impianmu yang sempat tertunda.

6. Kamu tidak lagi sensitif dengan semua hal yang berhubungan dengan mantan

Awal putus adalah saat yang tersulit untukmu karena apapun yang kamu lakukan dan dengar pasti selalu mengingatkanmu pada mantan. Itu membuat emosimu labil dan kamu berubah menjadi lebih sensitif. Ada lagu kenangan kalian, kamu menangis. Ada yang menanyakan mantan, kamu kesel, atau bahkan saat kamu melihat mantan mu jalan dengan wanita lain, kamu langsung baper dan galau lagi.

Sekarang kalau kamu sudah tidak lagi sensitif dan biasa-biasa saja dengan semua hal yang berhubungan dengan mantan, tandanya kamu sudah benar-benar move on. Perlahan kamu sudah melupakan dan merelakan kepergian mantanmu.

Coba sekarang cari tahu apakah kamu yakin kamu sudah benar-benar move on dari mantan dengan 6 tanda diatas. Kalau sampai saat ini kamu merasa masih sulit untuk melupakan mantan, mungkin inilah penyebabnya.

Tapi jangan pernah kamu main-main dengan membuka hati dan memulai hubungan baru kalau kamu belum bisa move on dari mantan. Karena kamu tidak hanya akan menyakiti dirimu sendiri tapi juga pasanganmu nantinya. Jangan memaksakan diri untuk menjalin hubungan dengan orang baru kalau kamu memang belum siap.

Kalaupun memang masih sulit untuk mengalihkan pikiranmu tentang mantan, kamu harus bisa mengelilingi dirimu dengan banyak orang yang peduli denganmu dan selalu mengingatmu tentang kebaikan.

Karena dari orang-orang terdekatmu inilah kamu bisa minta pendapat dan saran dari mereka apa yang seharusnya kamu lakukan. Mereka pasti dengan senang hati mendukung dan memotivasimu agar segera move on dari mantan.

Kalau sampai saat ini kamu masih merasa sulit melupakan mantanmu, karena kamu memang belum yakin untuk melupakannya. Kalau kamu sendiri saja belum bisa meyakinkan dirimu untuk move on dan melupakan mantanmu, maka orang lain pun tidak akan pernah bisa meyakinkanmu.

Percuma saja semua nasihat dari orang-orang disekitarmu untuk membuatmu move on dan melupakan mantanmu, kalau kamu sendiri belum memutuskan untuk move on dan belum bisa meyakinkan diri kalau kamu harus move on.

Alihkan semua pikiranmu tentang mantan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan produktif. Kamu tetap bisa membiarkan dan menerima emosi negatif kamu mulai dari kecewa, sedih, dan menyesal.

Jangan menolak atau bahkan menyangkalnya, karena semakin kuat kamu menyangkalnya, semakin besar pula emosi negatif itu akan mempersulitmu melupakan mantan.

Segera move on jadi dirimu yang lebih baik lagi. Jadi wanita tegas, mandiri, dewasa dan cerdas menyikapi semua permasalahan dalam hidupmu.

Buktikan dan tunjukkan pada mantan perubahan sikap dan penampilanmu yang lebih baik dari sebelumnya dan buat mantan penasaran dan menyesal telah meninggalkanmu.

Leave a Reply