Mungkin Kamu Harus Mempertimbangkan 5 Hal Ini Saat Tidak Mendapatkan Restu Dari Orangtua Dan Teman-Temanmu

Hubunganmu tidak hanya tentang menyatukan kalian berdua, tapi juga menyatukan 2 keluarga dan teman-teman kalian.

Kalian membutuhkan kerjasama, toleransi dan kontribusi yang sama untuk menyatukan keluarga dan teman-teman kalian tapi disaat yang sama juga pasti ada saja alasan kenapa orangtua dan teman-teman tidak memberikan restu pada hubungan kalian.

Mereka meragukan pasanganmu sekarang adalah orang yang tepat untukmu dan mereka pasti punya penilaian sendiri tentang pasanganmu kenapa tidak memberikan restu pada kalian. Bisa jadi penilaian mereka lebih objektif dibanding kamu, meskipun kamu beralasan bahwa kalian lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk hubungan kalian.

Tetap saja, keraguan orangtua dan teman-temanmu pada pasangan juga bisa mempengaruhimu untuk meragukan pasanganmu.  Lalu apa yang harus kamu lakukan saat kamu belum juga mendapatkan restu dari orang tua dan teman-temanmu? Coba kamu pertimbangkan 5 hal ini dulu:

1. Cari tahu apakah memang kamu bisa bahagia karena memang mencintainya atau dia hanya bisa membuatmu nyaman

Cari tahu perasaanmu pada pasangan, apakah kamu memang benar-benar mencintainya atau hanya sebatas terlalu nyaman dengan dirinya.

Karena terkadang hubungan yang bertahan lama bukan karena kalian saling mencintai tetapi karena terlanjur nyaman sehingga memilih untuk bertahan.

Bisa jadi kamu masih bertahan karena kamu takut sendiri, jomblo dan kesepian. Semakin lama kamu memaksakan diri bertahan dalam hubungan yang tidak tepat, semakin sulit juga kamu akan meninggalkannya.

Lebih baik kamu pikirkan baik-baik perasaanmu pada pasangan sekarang sebelum terlambat dan menyesal karena terus bertahan dengan pasangan yang tidak tepat.

2. Tanyakan alasan orangtua dan teman-teman meragukan pasangan kalian

Bisa jadi orang tua dan teman-temanmu tidak menyetujui pasanganmu sekarang karena kamu tidak bisa membagi waktumu untuk pasangan dan keluargamu. Mereka cemburu dengan kedekatanmu dengan pasangan yang membuat kamu dan keluargamu memiliki jarak karena kamu tidak punya quality time lagi dengan mereka.

Coba tanyakan alasan mereka tidak menyukai pasanganmu, bisa jadi karena sikap pasanganmu pada keluarga dan teman-temanmu.

Atau pengaruh pasangan padamu yang membuatmu tidak peduli pada keluarga dan terus membela pasanganmu yang tidak memperlakukanmu dengan baik dan bukannya menjadikan mu orang yang lebih baik malah sebaliknya.

 3. Benarkah dia pasangan yang pantas untuk kamu perjuangkan sampai kamu harus melawan orangtua dan teman-temanmu

Pikirkan lagi apakah dia memang pasangan yang tepat untukmu, apakah dia pria yang pantas untuk kamu perjuangkan sampai kamu harus mengorbankan keluarga dan teman-temanmu. Kamu harus tetap mengimbangi perasaan cintamu pada pasangan dengan logika.

Bandingkan kehidupanmu tanpa pasangan dengan tanpa orangtua dan teman-temanmu. Keduanya memang menyakitkan, tapi setidaknya dari situlah kamu tahu mana yang pantas kamu perjuangkan.

Keputusan ada ditanganmu sendiri, jangan terpengaruh dengan orang lain karena kamu sendirilah yang paling tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri.

4. Benarkah kamu sudah bisa bahagia dengan hubungan yang kamu jalani dan hidupmu juga menjadi lebih baik bersamanya

Apakah kamu memang sudah bahagia menjalani hubunganmu dengannya dan apakah dia bisa menjadikanmu orang yang lebih baik dari sebelumnya atau tidak. Kalau dia memberikan pengaruh yang positif untuk dirimu tidak mungkin orang tua dan teman-temanmu meragukannya kan?

Jadi pasti pasanganmu belum memberikan pengaruh yang baik untuk dirimu atau bahkan merubahmu menjadi orang yang tidak peduli pada keluargamu, pekerjaan, hobi dan teman-temanmu.

Kamu terlalu fokus pada pasangan sehingga tidak bisa membagi waktumu untuk menikmati kehidupan pribadimu sendiri dan membahagiakan dirimu sendiri. Kamu bahkan sulit untuk introspeksi diri karena terlalu memprioritaskan pasanganmu.

 5. Apakah kamu yakin kamu masih bisa mempertahankan hubunganmu dengan pasangan 3-5 tahun ke depan

Saat kamu menanyakan pertanyaan ini dan kamu yakin menjawabnya kalian tidak bisa bertahan 3-5 tahun ke depan, maka kamu juga harus yakin mengakhiri hubungan kalian.

Sedalam apapun rasa cintamu padanya kalau kalian memang tidak mungkin bisa bersatu di masa depan, untuk apa membuang waktu mu terus bertahan dengan pasangan yang tidak tepat.

Lebih baik kamu akhiri sebelum semakin sulit kamu meninggalkannya nantinya. Kamu bisa pergunakan waktu mu untuk menemukan pasangan yang lebih tepat untukmu cepat atau lambat.

Itulah 5 pertimbangan yang harus kamu pikirkan lagi saat orangtua dan teman-temanmu meragukan pasanganmu. Apapun alasan mereka, kamu harus menerimanya dan berusaha untuk membukatikan bahwa penolakan mereka itu tidak benar.

Alasan mereka belum merestui hubungan kalian juga pasti karena mereka menginginkan yang terbaik untukmu, jadi jangan langsung menyalahkan mereka yang masih meragukan pasanganmu.

Justru dengan keraguan mereka inilah kalian harus bisa lebih termotivasi untuk membuktikan pada mereka bahwa kalian bisa menjadi orang yang lebih baik dan punya kehidupan yang lebih baik lagi bersama pasangan kalian yang sekarang.

Cobalah untuk introspeksi dan evaluasi diri kalian kenapa orangtua dan teman-temanmu meragukan pasangan. Mungkin ada sikap dari pasangan yang tidak disukai oleh orangtua dan teman-temanmu atau mungkin mereka merasa pasangan memberikan pengaruh yang buruk padamu.

Bagaimanapun juga restu dari orangtua dan teman-temanmu juga akan memberikan perngaruh bagaimana kalian menjalani hubungan kalian ke depannya. Tanpa restu dari mereka, sulit rasanya menyatukan hubungan kalian dalam pernikahan. Karena keraguan mereka juga pasti mempengaruhi keraguanmu pada pasangan.